Scroll to Top

World of Warcraft, Xbox Live & Second Life Disusupi Agen Rahasia NSA

By Ditya / Published on Tuesday, 10 Dec 2013
World of Warcraft
World of Warcraft

Mantan agen CIA dan analis NSA, Edward Snowden, kembali membocorkan dokumen yang menunjukkan bahwa NSA telah melakukan penyusupan dan kegiatan mata-mata di game online populer, seperti World of Warcraft, Second Life, dan jaringan Xbox Live. Apa sebenarnya yang dilakukan NSA?

Sebuah dokumen rahasia telah dibocorkan oleh Edward Snowden pada The Guardian yang mengungkapkan bahwa NSA dan lembaga sejenis di Inggris, GCHQ telah menyusupi dan melakukan kegiatan spionasi di jaringan Xbox Life, World of Warcraft, dan Secind Life.

Berdasarkan dokumen yang dibocorkan, NSA dan GCHQ telah melakukan kegiatan mata-mata di dunia game online sejak tahun 2008 dengan judul dokumen “Exploiting Terrorist Use of Games & Virtual Environments” yang menggambarkan bahwa dunia game adalah jaringan komunikasi kaya target.

NSA dan GCHQ mengumpulkan data dan informasi akun, komunikasi suara dan video para pemain game dan menautkannya dengan serikat atau organisasi ekstrimis Islam dan kegiatan terorisme.

“Dokumen tidak mengandung indikasi bahwa pengawasan pernah menggagalkan setiap plot teroris, juga tidak ada bukti yang jelas bahwa setiap kelompok teror yang menggunakan komunitas virtual untuk berkomunikasi seperti yang diprediksikan oleh badan-badan intelijen,” laporan resmi dari The Guardian.

The Guardian juga mencoba melakukan konfirmasi terkait aktivitas mata-mata yang dilakukan oleh NSA dan GCHQ pada Microsoft selaku pemililk Xbox Live, Activision Blizzard selaku pengembang game World of Warcraft, dan CEO Second Life. Namun, semuanya bungakm dan tak memberikan keterangan yang memuaskan.

Seperti yang dilansir dari Tomshardware (08/12/2013), kegiatan mata-mata yang dilakukan oleh NSA dan lembaga sejenis dari sekutunya tampaknya benar-benar kompleks dan ada di pelbagai layanan. Hal ini sangat melanggar privasi pengguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda