Scroll to Top

Misteri 2 Kecelakaan Maut Kereta Api, Tragedi Bintaro 1987 & 2013

By C Novita / Published on Tuesday, 10 Dec 2013

Bintaro-Antara Foto

Kecelakaan Bintaro 2013

Senin 09/12/2013 pukul 11.30 WIB, sebuah kecelakaan mengerikan terjadi antara KRL jurusan Serpong – Tanah Abang dengan sebuah truk tangki milik Pertamina yang sedang mengangkut BBM sebanyak 24.000 liter. Kecelakaan tragis itu terjadi di wilayah Bintaro, tepatnya pada perlintasan kereta api Pondok Betung, Jakarta Selatan.

Akibatnya sudah tentu mengerikan, sebab truk tangki penuh BBM itu meledak dahsyat dan menimbulkan kebakaran yang menyambar gerbong kereta paling depan yang merupakan gerbong khusus penumpang wanita. Diduga, supir truk tangki mengabaikan rambu yang memperingatkan bahwa kereta akan melintas, ditambah kondisi jalan yang macet sehingga supir tak sempat lagi menghindar dari kecelakaan mengerikan itu.

Gerbong masinis berikut sebuah gerbong penumpang di belakangnya pun anjlok dari rel. Korban jiwa hingga saat ini tercatat sebanyak 11 orang, termasuk masinis dan 2 orang teknisi yang berada di gerbong masinis. Sementara korban luka-luka diperkirakan mencapai 70 orang.

Kecelakaan Bintaro 1987

Akibat peristiwa itu, sebuah kisah kecelakaan kereta api di masa lalu, tepatnya terjadi di lokasi yang berdekatan dengan lokasi Pondok Betung, Bintaro, kembali menghampiri kenangan masyarakat Indonesia. Tepatnya pada hari Senin 19/10/1987, 25 tahun yang lalu, kecelakaan tragis antara KA 225 jurusan Rangkasbitung – Jakarta dengan kereta cepat KA 220 Tanah Abang – Merak terjadi.

Pagi hari sebelum peristiwa kejadian di pukul 06.45, tersebut, terjadi kesalah pahaman komunikasi antara masinis KA 225 dengan petugas PPKA di stasiun Sudimara. Akibatnya, kedua kereta api tersebut berjalan di jalur rel yang sama, dengan arah yang makin berdekatan.

Kecelakaan dahsyat antara kedua kereta tersebut tak dapat dihindarkan lagi, dan menimbulkan korban jiwa hingga ratusan orang meninggal, juga korban luka yang mencapai ratusan pula jumlahnya.

Misteri kecelakaan Bintaro

Lokasi perlintasan kereta api, juga rel di sepanjang daerah Bintaro yang telah memakan ratusan jiwa korban melayang akibat kecelakaan yang terjadi, menimbulkan berbagai spekulasi mengenai keangkeran tempat itu. Banyak masyarakat yang mengaku menjadi saksi munculnya makhluk halus yang menyerupai korban kecelakaan, dan menghubung-hubungkan kejadian ke 2 peristiwa yang sama, yaitu hari Senin.

Ada atau tidaknya kaitan antara kesamaan hari peristiwa itu terjadi, dengan mitos mengenai keangkeran lokasi Bintaro, tentu tak ada satu pun manusia yang bisa menduga. Yang jelas, ketidakdisiplinan dan kesalahpahaman yang dilakukan oleh 1 orang bisa berakibat fatal terhadap banyak orang lain. Jadi selalulah waspada dan taati peraturan lalu lintas.

 

Pic: Antara Foto

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda