Scroll to Top

Penderita Diabetes Sebaiknya Tak Makan Buah Ini

By C Novita / Published on Wednesday, 11 Dec 2013

pepaya

Penderita diabetes atau kadar gula darah tinggi harus memperhatikan makanan yang dikonsumsinya. Makanan tersebut sebaiknya tak mengandung indeks glikemik tinggi, sehingga gula darahnya tak meningkat drastis. Bahkan untuk mengonsumsi buah-buahan sekalipun, penderita diabetes sebaiknya selektif sebab ada beberapa jenis buah yang sebaiknya tak dimakan.

Apa saja jenis buah yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes? berikut seperti dilansir oleh laman Boldsky:

  • Mangga. Mangga adalah buah yang lezat dan rasanya manis. Sebab itu ia memiliki kadar gula yang tinggi dan dapat melonjakkan kadar gula darah dalam sekejab. Penderita diabetes sebaiknya menghindari buah ini.
  • Anggur. Anggur berbagai jenis, baik yang hijau maupun merah, memang memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Tetapi ia punya kandungan gula yang tinggi. Dalam 3 ons anggur terdapat karbohidrat 15 gram. Sebaiknya Anda hindari atau batasi mengonsumsi anggur.
  • Nanas. Pastikan Anda menjauhi nanas bila Anda penderita diabetes. Nanas punya GI yang tinggi. Dalam secangkir kecil nanas terdapat 20 gram lebih karbohidrat.
  • Srikaya/buah nona. Buah yang berbiji banyak dan rasanya manis ini juga sebaiknya Anda hindari. Dalam satu buah srikaya ukuran 100 gram terdapat sekitar 23 gram karbohidrat.
  • Pisang. Dalam porsi ½ cangkir pisang, terdapat kandungan GI antara 46 – 70. Penderita diabetes sebaiknya menjauhi makan pisang, apalagi yang matang.
  • Semangka. Buah ini rendah serat dan kalori, namun punya nilai GI lebih dari 72 dalam 1 cangkir. Sebaiknya Anda menghindari konsumsi semangka bila tidak ingin gula darah naik drastis.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda