Scroll to Top

Tragedi Bintaro dan Heroisme Sofyan Hadi

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 11 Dec 2013

sofyan

Pedih membayangkan tragedi Bintaro yang melibatkan tabrakan KRL commuter line arah Tanah Abang dengan truk tanki BBM Pertamina dengan nomor polisi B 9265 SHE. Tabrakan tersebut menimbulkan ledakan yang akhirnya harus meregangkan setidaknya tujuh nyawa dan korban luka lainnya. Tragedi ini terjadi sekitar 200 meter dari lokasi Tragedi Bintaro jilid 1 yang terjadi tahun 1987.

Semua orang boleh sedih. Namun sepenggal pelajaran berharga ditunjukkan oleh teknisi KRL bernama Sofyan Hadi. Lajang yang masih berusia 20 tahun ini anak mudah yang penuh dedikasi terhadap pekerjaan. Dia rela “berniaga” secara terpuji dengan Tuhannya dengan tetap berusaha menyelamatkan para penumpang di gerbong pertama yang dihuni wanita. Dia sekaligus mengusahakan keselamatan kereta dari tabrakan bersama teman masinisnya.

Tahukah Anda yang dilakukan Sofyan? Dia tidak melarikan diri ke arah gerbong penumpang yang terjauh. Dia justru masuk ke gerbong pertama dan mengingatkan penumpang bahwa sebentar lagi akan terjadi tabrakan. Penumpang dimintanya untuk mundur.

“Mundur! Kereta akan tabrakan!,” teriak Sofyan kala itu, seperti ditirukan Ignasius Jonan, Dirut PT KAI.

Setelah itu, Sofyan segera menutup pintu gerbong yang menghubungkan langsung arah lokomotif. Ini setidaknya akan meminimalkan risiko kecelakaan yang akan dialami oleh penumpang. Namun nahas, benturan itu ternyata bukan hanya sekadar menabrak. Isi dari truk BBM bocor dan menimbulkan ledakan hebat. Akhirnya muncullah sejumlah korban.

Begitulah cara Sofyan memaknai dedikasi pekerjaannya. Teknisi yang baru bekerja selama tiga bulan itu membuktikan kepahlawanannya dengan cara yang manis. Sekalipun Yang Maha Esa telah menjemput kembali arwahnya, namun sisi heroiknya Sopyan tetap akan dikenang. Inilah sepetik kisah kepahlawanan sang teknisi kereta, Sofyan Hadi.

Foto: Metrotv

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda