Scroll to Top

Presiden Amerika, Barack Obama Serukan Warganya Agar Belajar Programming

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 11 Dec 2013

Barack Obama

Barack Obama, Presiden Amerika yang satu ini memang berbeda. Ia memberi ‘titah’ pada setiap warga negara Amerika Serikat untuk belajar code (programming). Apakah orang nomor satu negeri Abang Sam ini serukan warga negaranya untuk jadi hacker?

Di sebuah video Youtube yang dipublikasikan oleh laman Code.org tertampil pesan Barack Obama yang menginginkan warganya untuk belajar coding. Video tersebut bertajuk President Obama calls on every American to learn code dan berdurasi satu menit 17 detik.

“Jangan hanya main smartphone mainlah pula dengan programnya,” salah satu seruan Obama di video tersebut.

Terkesan jika Obama dan Pemerintah AS mendorong dan mengajak warganya untuk lebih mengenalkan skill programming khususnya di kalangan anak muda. Dalam salah satu seruannya ia juga meminta guru dan pihak sekolah untuk sisihkan waktunya dalam untuk mempelajari dunia cyber.

“Mempelajari skill ini tak hanya bagus bagi dirimu namun juga negaramu,” ujarnya di Youtube.

Jika dikaitkan dengan isu penyadapan yang dilakukan NSA, apa yang diutarakan Obama cukup nyambung. Terlebih beberapa waktu lalu ia dilarang pakai iPhone akibat kekhawatiran Gedung Putih atas isu tersebut.

Namun, nampaknya ada misi lain yang ia coba sisipkan dalam pesan video tersebut. Teknologi cyber di masa mendatang akan mendominasi kancah global. Untuk itu, pengenalan programming perlu dilakukan sejak dini.

Menurut Obama, jika AS ingin memimpin dunia, maka dibutuhkan generasi muda yang menguasai teknologi tersebut. Apabila telah mengenal sejak dini, maka negara super power itu bisa dengan mudah mencetak tenaga kerja yang kompeten di bidang teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda