Scroll to Top

Makan Junk Food dan Minum Soda Bikin Anak Tak Bahagia

By C Novita / Published on Wednesday, 11 Dec 2013

makan junk food

Makanan memang sangat besar pengaruhnya bagi kesehatan fisik dan mental manusia, termasuk juga anak-anak. Sebuah penelitian dari Institute for Social and Economic Research, AS, mengungkap fakta bahwa anak-anak yang sering diberi asupan makanan junk food serta minuman bersoda mempunyai kecenderungan untuk tidak bahagia hingga 2 kali lebih besar, ketimbang anak-anak yang makan makanan sehat.

Hasil penelitian menemukan bahwa anak-anak yang sering makan junk food dan soda tersebut memiliki resiko lebih besar terkena depresi atau stres sehingga merasa tak bahagia. Ini merupakan sebuah studi yang melibatkan 5000 anak dengan umur sekitar 1- 15 tahun.

Sedangkan pada anak dengan makanan yang sehat, buah serta sayur yang cukup, dan kegiatan fisik seperti olahraga teratur akan lebih mudah merasa bahagia. Mereka pun tidak mudah dihinggapi depresi serta stres.

Penelitian menggunakan metode kuesioner, yaitu anak-anak tersebut diminta untuk menjawab pertanyaan yang diajukan kepada mereka berkaitan dengan suasana hati dan kebahagiaan. Hasilnya, anak yang makan sayur lebih sering, hingga 5 kali sehari, cenderung lebih bahagia dibanding anak yang tidak.

“Anak yang sudah mulai beranjak remaja memiliki kontrol pada makanan mereka, dan lebih banyak mengonsumsi junk food,” kata peneliti Dr Cara Booker, seperti dilansir laman Dailymail.

Hal tersebut akan makin parah bila anak dan remaja memiliki kebiasaan merokok dan minum alkohol. Mereka akan jauh lebih mudah depresi dan tak bahagia, ketimbang anak dan remaja yang hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda