Scroll to Top

5 Alasan Untuk Tak Menghindari Sinar Matahari

By C Novita / Published on Wednesday, 11 Dec 2013

sinar matahari

Banyak orang yang berusaha sebisa mungkin menghindari sinar matahari, karena berbagai berita mengerikan mengenai lapisan ozon yang bolong. Dikatakan bahwa hal itu membuat radikal bebas dan sinar UV memenuhi udara dan pasti merusak kulit, sehingga selayaknya sinar matahari dihindari.

Hal tersebut ada benarnya juga, namun tak selayaknya membuat kita menjauhi sinar matahari sama sekali. Sinar matahari pun memiliki berbagai manfaat bagi tubuh dan kesehatan manusia. Memperoleh dosis sinar matahari yang cukup setiap hari akan membuat tubuh Anda lebih sehat, kuat, dan dapat memperbaiki mood.

Seperti dilansir oleh Magforwomen, berikut adalah manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari sinar matahari:

  • Sumber vitamin D. Saat sinar matahari pagi menerpa kulit Anda, maka secara otomatis kulit akan menyerap vitamin D dari sana. Ini adalah cara mudah dan alami memperoleh vitamin D. Walau Anda dapat meminum vitamin D buatan, namun percayalah bahwa vitamin D alami dari matahari tak tergantikan.
  • Menguatkan tulang. Memang sinar matahari tak memberikan Anda kalsium. Namun matahari membantu penyerapan kalsium pada tulang Anda. Matahari membantu menghambat sekresi hormon paratiroid, yaitu hormon yang mengatur jumlah kalsium dalam tubuh.
  • Membantu menurunkan berat badan. Ternyata kurang vitamin D dapat meningkatkan nafsu makan Anda, sebab tubuh mengirim sinyal kekurangan vitamin ke otak. Jadi, bila kebutuhan vitamin D Anda telah terpenuhi dari sinar matahari, maka otomatis nafsu makan akan menurun.
  • Meningkatkan sistem imun. Perhatikanlah bahwa saat musim dingin atau musim hujan, akan lebih banyak orang terserang penyakit ketimbang musim panas. Ini karena sinar matahari secara alami membunuh beberapa kuman. Selain itu, ia juga membantu meningkatkan sistem imun tubuh.
  • Memperbaiki kualitas tidur. Saat Anda menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari, Anda akan merasa lelah dan itu akan membuat tidur Anda lebih nyenyak. Selain itu juga akan memperbaiki pola tidur dengan beraktifitas di siang hari dan tidur di malam hari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda