Scroll to Top

Susu Organik Lebih Baik Dalam Melindungi Jantung

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 12 Dec 2013

minum susu

Susu secara umum memberikan kebaikan bagi tubuh. Namun, susu organik memiliki kandungan asam lemak dengan kualitas lebih baik dalam melindungi kesehatan jantung dibanding susu pada umumnya. Hal ini tampak dari hasil studi Pusat Ketahanan Pertanian dan Sumber Daya Alam di Washington State University. Dalam temuan yang dimuat jurnal PLoS One tersebut disebutkan susu organik punya kandung asam lemak omega 3 yang lebih tinggi dibanding susu konvensional.

Susu organisk dihasilkan dari sapi perah yang mendapatkan makanan kering dari padang rumput setikanya 30 persen dalam waktu 120 hari per tahunnya. Biasanya kualitas susu seperti ini didapatkan dari peternakan alam yang mengandalkan rerumputan di sekitarnya sebagai ladang makanan bagi sapi perah. Adanya rumput dan padang rumput menjadi faktor utama dalam mendapat susu organik.

Dalam susu organik terdapat perpaduan seimbang antara kandung asam lemak omega 3 dan omega 6. Jumlah asam lemak omega 3 susu ini 62 persen lebih tinggi dari susu biasa. Sementara asam lemak omega 6 lebih rendah 25 persen.

 ” Ada semakin banyak bukti bahwa keseimbangan diet asam lemak omega 3 dan asam lemak omega 6 mungkin sama pentingnya dengan proporsi diet jenuh, tak jenuh tunggal, dan lemak total,” tulis peneliti seperti dikutip LA Times.

Studi ini melibatkan 22 sampel susu organik dari koperasi Organic Valley dan 164 sampel susu konvensional. Ini merupakan kabar baik bagi pecinta susu. Susu pada umumnya sama-sama bermanfaat. Hanya saja, minum susu organik lebih baik dalam memberikan manfaat bagi tubuh, termasuk untuk jantung lebih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda