Scroll to Top

Kecelakaan Bintaro Paling Tragis Dalam Kecelakaan Kereta Api di Tahun 2013

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 12 Dec 2013

bintaro

Dari sekian banyak kecelakaan yang dialami oleh kereta api, kecelakaan Bintaro yang baru saja terjadi 9 Desember 2013 adalah yang paling ironi. Pasalnya, di kecelakaan inilah terdapat korban meninggal dan puluhan luka-luka. Di samping itu, kondisi fisik lokomotif sampai babak belur setelah terjadi ledakan dari truk tanki bahan bakar miliki Pertamina.

Dalam setahun ini sudah terjadi 32 kecelakaan kereta api, termasuk yang di Bintaro. Kecelakaan sebelumnya  terjadi akhir bulan Oktober 2013 lalu. Menurut Menteri Perhubungan EE Mangindaan, bila dibanding dengan tahun 2012, ada penurunan tren kecelakaan kereta api. Tahun lalu ada 31 kejadian yang tercatat. Korban meninggal ditemukan 49 jiwa. Bila dibandingingkn dengan tahun 2011, ada 33 kecelakaan dengan 112 orang meninggal dunia. Jika dirata-rata dalam tiga tahun terakhir, jumlah perjalanan kereta api yang berimbas pada kecelakaan berada di angka 30-an kasus.

“Untuk tahun 2013 hingga akhir bulan Oktober 2013 tercatat telah terjadi 31 kecelakaan dengan tidak terdapat korban baik meninggal dunia atau pun luka-luka. Kecuali kejadian yang baru terjadi kemarin ada 7 korban jiwa,” kata Menhub EE Mangindaan, seperti dikutip Detik.

Tragedi Bintaro jilid 2 beberapa hari lalu melibatkan tabrakan antara KRL commuter line arah Tanah Abang dengan truk tanki BBM milik Pertamina. Dugaan awal truk melakukan nekat melaju ketika kereta akan lewat dan terjebak di tengah rel. Akibatnya kecelakan yang terjadi di perlintasan kereta Pondok Beteng, Bintaro, Jakarta, tersebut tidak terelakkan.

Menhub menjanjikan akan memperbaiki hal-hal yang berkenaan dengan keselamatan transportasi kereta api. Beberapa langkah yang telah disusun yaitu adanya sertifikasi SDM dan sarana perkeretaapian, audit keselamatan, inspeksi keselamatan, sosialisasi keselamayan, hingga pemakaian teknologi sebagai upaya mencegah terjadinya kecelakaan. Selain itu, penegakan hukum juga harus tegas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda