Scroll to Top

Boni Hargens Adukan Ruhut Sitompul ke BK DPR Terkait Julukan Pengamat Hitam

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 12 Dec 2013

Boni Hargens 1

Boni Hargens, pengamat politik UI (Universitas Indonesia) melaporkan Ruhut Sitompul, Anggota Fraksi Partai Demokrat ke BK (Badan Kehormatan) DPR pada Senin (9/12) karena pelanggaran etika. Sebelumnya Ruhut yang dikenal sebagai tokoh kontroversial, mengklaim hanya menyebut Bonifasius Hargens sebagai ‘pengamat hitam’.

Celetukan Ruhut yang tidak pada tempatnya itu, terjadi dalam sebuah dialog di TVOne. Ketika itu, versi Boni, Ruhut mengeluarkan kalimat rasis dengan menyerang dirinya yang berkulit hitam.

Katanya seperti dikutip Vivanews, “Dia mengeluarkan kalimat kulit hitam, beberapa waktu lalu di tvOne. Ruhut bilang: Lapindo warna hitam, Boni Hargen kulitnya apa? Hitam kan? Begitu.”

Boni Hargens menambahkan, jika Ruhut tak mengakui telah menyebut ‘kulit hitam’, berarti pria yang pernah lekat dengan julukan Si Poltak itu melakukan kebohongan publik. Boni juga membantah jika ia melakukan ini karena faktor pribadi.

“Saya tidak pernah membenci Ruhut secara pribadi. Perkara saya dengan logika persoalan yang rusak. Ini pembelajaran sosial untuk masyarakat.”

Atas laporannya ini, Boni akan dipanggil oleh BK DPR pada Rabu minggu depan. Anggota BK, Ali Maschan Musa, menuturkan, pengaduan Boni telah memenuhi syarat. Boni sudah melampirkan bukti rekaman video ucapan Ruhut saat menghinanya beberapa waktu lalu.

Ruhut Sitompul sendiri, membalikkan laporan Boni dengan menuduh sang pengamat tengah mencari ketenaran. Ruhut menyampaikan versinya, bahwa yang dimaksudnya bukanlah hitam sebagai warna kulit. Julukan ‘pengamat hitam’ disematkan kepada Boni Hargens karena senantiasa menganggap kebijakan pemerintahan SBY serba negatif.

“Saya bilang, dia pengamat hitam. Apa rasisnya di sana? Dia yang ngomong kulit. Pengamat hitam itu, maksudnya,semua yang dibikin (kebijakan) SBY dinilai salah,” kata Ruhut.

Foto: Antara/ Ujang Zaelani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda