Scroll to Top

Video Angin Puting Beliung Porak-Porandakan Denpasar, Bali Pada 11-12-13

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 12 Dec 2013

Angin Puting Beliung Bali

Video angin puting beliung Denpasar Bali yang porak-porandakan wilayah tersebut pada tanggal unik 11-12-13, kini ramai diperbincangkan di Youtube. Ada beberapa video yang tunjukkan betapa dahsyatnya fenomena alam itu yang terjadi sekitar pukul 14:00 Waktu Indonesia Tengah (WITA).

Video pertama berjudul Angin Puting Beliung 11 12 13, Denpasar, Bali, yang diunggah pada hari kejadian yakni kemarin, Rabu 11 Desember 2013. Di diskripsi video tersebut tertulis jika angin puting beliung di seputar Denpasar mengakibatkan sejumlah rumah di seputar Pemogan, Jalan Pulau Moyo dan sesetan alami kerusakan bagian atap.

Berdasar keterangan saksi mata yang menyaksikan, suara angin puting beliung menderu seperti suara mesin pesawat yang sedang parkir dan hendak take off. Warga panik dan berhamburan ke luar rumah untuk menjauh. Video di bawah ini diambil dari lantai tiga di daerah By Pass Ngurah Rai, Suwung Kauh jam 13:48 WITA pada hari kejadian.

Video di atas nampak jika angin puting beliung dalam jarak yang cukup jauh dari lokasi perekaman. Sedangkan video di bawah ini, sepertinya miliki jarak cukup dekat. Nampak atap bangunan dan seng berterbangan tatkala angin puting beliung menghempas area yang dilewatinya.

Sementara itu menurut Kepala Bidang Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisikan (BMKG) Wilayah III Denpasar, Nyoman Gede Wirajaya yang dikutip dari Antara mengatakan jika berdasarkan analisis BMKG, kecepatan angin tersebut mencapai 30 km per jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda