Scroll to Top

Soal UAS SD Kelas V Isinya Seputar Pelecehan Seksual

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 12 Dec 2013

Soal UAN SD

Soal UAS SD (Ujian Akhir Semester) Kelas V untuk mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Kota Serang, Banten, berisi pertanyaan seputar pelecehan seksual. Pertanyaan tersebut dianggap tidak pantas untuk disampaikan kepada anak SD.

Kejanggalan soal UAS tersebut ditemui oleh Hamdani, guru PJOK di SD Negeri 1 Lopang Domba, Serang. Dia menunjuk soal nomor 36 hingga 40 yang meminta siswa untuk menjawab pertanyaan dengan jawaban yang singkat dan tepat. Masalah terjadi, karena pertanyaan-pertanyaan tersebut berkisar masalah pelecehan seksual. Mulai dari contoh perbuatan, cara menghindari, hingga dampaknya.

Kata Hamdani seperti dikutip JPNN, ”Pada soal pertama pertanyaannya, sebutkan salah contoh perbuatan pelecehan seksual. Kedua, bagaimana menghindari terjadinya pelecehan seksual.  Ketiga, bagaimana agar iman kita tetap kuat dan terhindar dari pelecehan seksual.  Keempat, bagaimana sikapmu bila melihat temanmu melakukan pelecehan seksual. Dan kelima sebutkan salah satu dampak pelecehan seksual,” ungkapnya.

Kepala SD Negeri 1 Lopang Domba, Yoyoh M mengakui bentuk soal tersebut tidak sesuai dengan pengetahuan siswa. Ia meyakini, materi tersebut lebih cocok untuk disampaikan kepada mahasiswa. Pihaknya pun sudah melaporkan keajdian ini pada Dinas Pendidikan Kota Serang.

Soal itu sendiri akhirnya ditarik untuk direvisi. Ida, Guru SD Lopang, menyebutkan kepada Okezone, ““Soalnya ditarik dulu untuk direvisi. Diketahui ada kesalahan teknis dari soal Penjaskes. Ada soal yang tidak sesuai. Untuk anak, (soal) itu tidak terjangkau.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda