Scroll to Top

Cara Memanfaatkan Mahkota Dewa untuk Obat Asam Urat

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 12 Dec 2013

mahkota dewa

Mahkota dewa adalah salah satu tumbuhan yang diketahui banyak menyimpan khasiat sebagai obat tradisional. Sebagai jamu, tumbuhan ini dipercaya secara turun temurun mampu sebagai obati asam urat. Di samping itu, manfaat lainnya yaitu membantu menyembuhkan tumor, kanker, diabetes, rematik, sampai hepatitis. Itu baru sebagian penyakit yang bisa ditangani dengan herbal ini.

Nama ilmiah mahkota dewa adalah Phaleria macrocarpa. Tumbuhan ini asli Papua namun telah menyebar ke berbagai daerah. Zat aktif yang dimiliki   buah mahkota cukup banyak. Misalnya alkaloid yang berfungsi sebagai detoksifikasi, antioksidan flavanoid, polifenol, dan saponin.

Buat penderita asam urat, mengobati penyakit ini dengan mahkota dewa bisa menggunakan cara sebagai berikut:

  1. Siapkan daging buah mahkota dewa sebanyak 5 gram, akar sidaguri 15 gram, dan sambiloto 10 gram. Bersihkan semua bahan ini dengan air.
  2. Masukkan semua bahan dalam panci stainless steel dan tambahkan dengan lima gelas air. Rebus dengan api sedang hingga nantinya bersisa kurang lebih tiga gelas.
  3. Angkat lalu saring hingga semua air rebusan habis. Biarkan dulu rebusan tersebut dingin, lalu bagi menjadi tiga bagian. Minum sebanyak tiga kali sehari.  Sebaiknya minum ramuan ini satu jam sebelum  Anda makan.

Perlu dipahami, pengobatan memakai herbal kemungkinan baru menunjukkan hasil setelah beberapa kali minum. Herbal efeknya tidak instan seperti obat-obatan farmasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda