Share

PIala Gubernur Jatim 2013

Jadwal Piala Gubernur Jatim 2013 atau yang juga disebut East Java Tournament tahun ini akan digelar sejak Minggu, 15 Desember 2013 hingga babak final pada Selasa, 24 Desember 2013. Berbeda dengan jadwal sebelumnya, tim peserta turnamen ini akan dibagi dalam tiga grup.

Tiga grup tersebut didasarkan pada kota penyelenggara Piala Gubernur Jatim. Di Grup Bangkalan yang akan memainkan laga di Stadion Gelora Bangkalan, Madura, terdapat tiga tim yaitu Persepam, Persib Bandung, dan Persebaya Surabaya versi ISL.

Kemudian, di Grup Malang yang laga demi laganya dilangsungkan di Stadion Kanjuruhan ada Arema Cronous, Sriwijaya FC, dan Persik Kediri. Terakhir, di Grup Lamongan, bertempat di Stadion Surajaya akan digelar pertarungan antara Persela Lamongan, Gresik United (Persegres), dan PSM Makassar.

Perubahan jumlah peserta dan jumlah grup ini tak terlepas dari kehadiran Persepam. Sebelumnya, klub tersebut sempat ragu untuk mengikuti turnamen ini. Namun, karena Gelora Bangkalan digunakan, Persepam siap terjun dalam turnamen.

“Persepam awalnya ragu ikut serta, karena mereka ada jadwal uji coba dengan tiga tim Malaysia yang digelar pada 14,19, dan 24 Desember. Namun karena Stadion Gelora Bangkalan, Madura dipakai, maka mereka pun memutuskan ikut serta. Mereka mengatakan akan mengatur jadwal laga uji coba dengan tim Malaysia,” kata Ahmad Munir, Ketua Pelaksana East Java Tournament 2013 kepada Tribunnews.

Bertambahnya grup juga membuat bertambahnya jadwal turnamen. Jika sebelumnya setelah penyisihan grup, dua klub teratas masing-masing grup langsung bertemu di partai puncak, sekarang tidak demikian. Ada babak semifinal, yang mempertemukan tiga juara grup ditambah satu runner-up terbaik. Penilaian runner-up terbaik didasarkan pada jumlah poin, head-to-head, barulah produktivitas gol.

Adapun Jadwal Piala Gubernur Jatim 2013 adalah sebagai berikut.

Minggu, 15 Desember
Grup A: Persepam-MU vs Persib (15.00 WIB)

Senin, 16 Desember
Grup B: Arema vs Sriwijaya FC (15.00)
Grup C: Persela vs Persegres (19.00)

Selasa, 17 Desember
Grup A: Persepam vs Persebaya (15.00)

Rabu, 18 Desember
Grup B: Arema vs Persik (15.00)
Grup C: Persela vs PSM Makassar (19.00)

Kamis, 19 Desember
Grup A: Persib vs Persebaya (15.00)

Jumat, 20 Desember
Grup B: Sriwijaya FC vs Persik (15.00)
Grup C: Persegres vs PSM Makassar (19.00)

Minggu, 22 Desember
15.00 Semifinal I (Kanjuruhan/Bangkalan)
19.00 Semifinal II (Kanjuruhan/Bangkalan)

Selasa, 24 Desember
19.30 Final (Kanjuruhan)