Scroll to Top

Microsoft akan Hapus Biaya Lisensi Windows Phone & Windows RT?

By Ditya / Published on Friday, 13 Dec 2013
Nokia Lumia 1020
Nokia Lumia 1020

Sebuah sumber anonim telah menginformasikan pada The Verge bahwa Microsoft saat ini sedang mempertimbangkan untuk menghapus biaya lisensi atau menawarkan sistem operasi Windows Phone dan Windows RT secara gratis pada OEM (Original Equipment Manifacturer)  tanpa membayar lisensi.

Sumbar anonim tersebut mengatakan pada The Verge bahwa Terry Myerson yang merupakan VP WIndows di Microsoft saat ini secara serius mempertimbangkan untuk menawarkan sistem operasi Windows RT dan Windows Phone secara gratis pada OEM dan produsen untuk memangkas harga produk besutannya.

Tak hanya itu, sumber anonim tersebut juga mengatakan bahwa pihaknya yakin bahwa Microsoft akan menawarkan dua sistem operasi mobile andalannya secara gratis pada tahun 2015 mendatang, bersamaan dengan update besar Windows yang mengusung nama sandi Threshold.

Pertimbangan Microsoft untuk menghapus biaya lisensi Windows Phone dan Windows RT ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berkompetisi dengan Android. Seperti yang kita ketahui, Android adalah sistem operasi open-source yang dapat digunakan oleh siapa saja tanpa dipungut biaya lisensi.

Jika benar Microsoft akan menghapus biaya lisensi untuk sistem operasi Windows Phone dan Windows RT, dari mana raksasa perangkat lunak asal Redmond ini mendapatkan penghasilan? Sama seperti Android, Microsoft akan mendapatkan penghasilan dari iklan yang terdapat pada pencarian Bing dan aplikasi gratis lainnya.

Meski demikian, tidak semua aplikasi gratis yang ada di Windows Store akan disuntikkan iklan oleh Microsoft. Penghapusan biaya lisensi ini diharapkan mampu memangkas biaya produksi perangkat dan membuah harganya menjadi lebih bersaing dengan Android.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (12/12/2013), sampai saat ini belum ada keterangan resmi dari Microsoft terkait penghapusan biaya lisensi Windows Phone dan Windows RT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda