Scroll to Top

Status Facebook Bisa Bantu Universitas Tangani Mahasiswa Kecanduan Alkohol

By Moch Ridwan / Published on Tuesday, 04 Oct 2011

Status Facebook yang dipajang oleh anak kuliahan di dinding akun situs jejaring sosial mereka ternyata bisa menjadi petunjuk untuk menilai apakah mahasiswa yang bersangkutan sedang mengalami kecanduan alkohol atau yang terindikasi penyalah gunaan obat-obatan.

Setidaknya inilah hasil studi terbaru yang menghubungkan Facebook dengan kehidupan nyata. Mahasiswa yang memajang foto mereka dalam keadaan mabuk atau tak sadarkan diri lebih cenderung memiliki permasalahan dengan alkohol.

hubungan status fb dengan kehidupan nyata
Status Fb dan pemabuk adakah hubungannya?

Hasil penelitian itu bisa saja digunakan untuk membantu pihak Universitas membantu para siswanya yang dirasa memiliki permasalahan dengan kecanduan alkohol dan mungkin obat-obatan terlarang.

“Pertanyaannya adalah apa yang bisa kita temukan di dalam Facebook? Apakah hal disana dapat meamalkan kondisi kesehatan penggunanya?,” kata Dr. James Niels peneliti sosial media dan psikiatris dari Rumah Sakit Umum Massachusetts.

“Lebih jauh lagi penelitian ini bisa mengindikasikan bahwa status di Facebook tampaknya berhubungan langsung dengan keadaan nyata seseorang,” tambahnya.

Penelitian dilakukan dengan melibatkan 224 halaman Facebook Mahasiswa dengan profile yang diseting ‘dapat dilihat oleh khalayak umum’. Dua periga dari jumlah tersebut merupakan mahasiswa yang tidak pernah menyebutkan mengenai alkohol dan mabuk di dinding mereka dan sisanya adalah mahasiswa yang pernah menyebutkan atau bahkan memasang foto yang berkaitan dengan alkohol dan akibat yang dideritanya.

Peneliti kemudian memberikan 10 pertanyaan kepada masing-masing pemilik akun Facebook tersebut untuk memisahkan mana siswa yang memiliki permasalahan dengan alkohol. Hsil diperoleh bahwa 6 diantara 10 orang Mahasiswa yang halaman FB mereka pernah memajang hal yang berhubungan dengan alkohol cenderung memiliki permasalahan dengan kecanduan alkohol.

Hasil ini menunjukkan bahwa 38 persen Mahasiswa ada kalanya memajang status yang berhubungan dengan alkohol cenderung memiliki permasalahan dengan alkohol dibanding dengan 23 persen untuk mahasiswa yang tak pernah menyebutkan alkohol dalam status FB mereka.

Dengan penelitian ini maka diharapkan Universitas mamapu menilai bagaimana hubungan yang erat antara status Facebook dengan permasalahan yang dihadapi Mahasiswa dikehidupan nyata. Dan diharapkan dunia pendidikan mampu menyediakan pusat kesehatan untuk guna membantu Mahasiswa yang memiliki masalah seperti ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda