Scroll to Top

Ospek ITN Malang: Panitia Bantah Terjadi Kekerasan

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 13 Dec 2013

Ospek ITN Malang

Setelah peristiwa meninggalnya Fikri Dolasmantya Surya, mahasiswa baru jurusan Planologi ITN (Institut Teknologi Nasional), pihak rektorat menghukum 110 panitia Kemah Bakti Desa (KBD). Namun, dalam pemeriksaan yang dilakukan polisi, enam saksi yang terdiri dari panitia dan dosen pembimbing menolak jika disebutkan adanya kekerasan dalam kegiatan tersebut.

Kapolsek Sumbermanjing Wetan, AKP Farid Fathoni kepada Detik menuturkan, “Semua membantah telah melakukan kekerasan; dan memang tidak ada kekerasan kata mereka.” Farid kemudian mengungkapkan kronologi meninggalnya Fikri berdasarkan tuturan saksi-saksi tersebut.

Dijelaskan, dalam perjalanan menuju hutan mangrove di Gua Cina tempat digelarnya Kemah Bakti, Fikri mendadak jatuh dan pingsan. Panitia kemudian mengevakuasi korban menuju base camp yang berjarak satu kilometer dengan pick up. Fikri sempat dilarikan ke puskesmas setempat. Namun, diketahui bahwa korban sudah tidak bernyawa lagi.

Tidak hanya membantah terjadinya kekerasan, seluruh saksi juga menjelaskan, tidak ada batasan air mineral kepada peserta Kemah Bakti. Mereka mengklaim, jatah 2 botol air yang berisi dua liter tersebut diberikan untuk 1 kelompok yang terdiri dari 10 orang. Hal ini tentu kontras dengan pengakuan salah satu sumber yang diwawancarai Kompas, yang menyebut 2 botol tersebut diberikan untuk satu angkatan.

Panitia menyebutkan, mereka memang memberikan hukuman berupa push up dan jalan jongkok. Namun, mereka membantah jika ada kekerasan di luar batas kewajaran.

Fikri Dolasmantia sendiri meninggal pada 12 Oktober 2013 setelah mengikuti Ospek yang diselenggarakan sejak 9 Oktober. Berbeda dengan keterangan saksi, sumber yang dirahasiakan namanya, menuturkan kepada Kompas, terjadi tindakan tidak manusiawi dan pelecehan seksual terhadap peserta Ospek.

Foto: KOMPAS.com/Yatimul Ainun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda