Scroll to Top

Sejarah Cara Ciuman Sudah Dikenal Sejak Zaman Primata

By Ilham Choirul / Published on Friday, 13 Dec 2013

kissing

Konon ciuman itu aktivitas yang sudah dilakukan sangat lama sekali. Sejarahnya juga panjang bahkan melibatkan mungkin zaman purba. Dikutip VivaNews dari situs Smart Life Styles, ada ahli yang mempercayai bahwa ciuman pada awalnya tidak ada. Dulu bibir dipakai hanya sebatas untuk makan dan berbicara.

Kalau sekarang ciuman bisa bermakna banyak. Ciuman sering dijadikan sebagai ungkapan untuk menunjukkan beragam emosi. Kadang mencium untuk menunjukkan rasa cinta, ingin merayu, sampai sebagai pembuka dalam hubungan seksual.

Menurut Desmond Morris, ahli zoologi Inggris, dulunya ciuman bibir untuk urusan berbeda. Di zaman hidupnya para primata, menempelkan bibir dengan bibir dipakai untuk menyuapi makanan dari induk kepada anaknya. Sang induk mengunyahkan dahulu makanan tersebut, lalu memberikan makanan lembut untuk anak langsung lewat bibir.

Lalu, lanjut Morris, kebiasaan ini selanjutnya makin berkembang seiring dengan evolusi dari kebiasaan para primata. Primata mulai menjadi ciuman sebagai sarana penghibur bagi anak-anak mereka ketika lapar. Saat lebih berkembang lagi, akhirnya ciuman berubah fungsinya sebagai bentuk perwujudan kasih sayang.

Entah teori tersebut benar atau salah, pastinya sebuah ciuman dari dua pasangan akan memunculkan pesan neuro-chemical satu dengan lainnya. Pesan ini terwujud melalui berbagai emosi yang hadir di saat berciuman seperti nyaman, seakan melambung, bahkan menimbulkan reaksi hasrat seksual.

Ciuman bahkan dipercaya dapat mengirimkan pesan sejauhmana potensi pasangan untuk tetap awet menjalani hubungan. Ini fungsi ciuman dalam konteks untuk menyeleksi pasangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda