Scroll to Top

Kartu BPJS Ketenagakerjaan Berkonsep Smart Card

By Ilham Choirul / Published on Friday, 13 Dec 2013

jamsostek

Per 1 Januari 2014 mendatang, semua peserta Jamsostek akan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Pasalnya, PT Jamsostek  berganti dengan nama tersebut. Setiap peserta BPJS Ketenagakerjaan mendapatkan kartu peserta baru yang berkonsep smart card.

Kartu ini memiliki banyak fungsi. Diutarakan Elvyn G Masassya, Dirut Jamsostek, kartu yang baru memakai bahan plastik dan bisa dipakai untuk menarik tunai di ATM hingga keperluan transportasi publik.

“Sekarang seperti kartu kredit. Bisa untuk ATM, bisa belanja, cek saldo, untuk bayar tol, dan bisa untuk busway. Ini bagian dari transformasi kami,” kata Elvyn, seperti dikutip Suara Pembaruan.

Peningkatan pelayanan juga akan dilakukan BPJS Ketenagakerjaan. Misalnya, nanti akan dibuat call center dengan nomor akses telepon 500-910. Lewat call center ini peserta atau siapa pun juga bisa memperoleh berbagai informasi yang akan ditanyakan. Dan, masih ada lagi rangkaian persiapan lainnya.

“Kita juga sudah siapkan customer relationship management untuk keperluan kepesertaan. Bisa juga daftar di registrasi elektronik,” ungkap Elvyn.

Dalam konsep BPJS Ketenagakerjaan, semua peserta Jamsostek sudah otomatis berubah keanggotaannya. Hanya saja mereka tetap diminta datang ke Jamsostek untuk menyetor foto dan cetak sidik jari. Penukaran kartu lama dengan yang baru dilayani sampai maksimal tanggal 30 Juni 2015.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda