Scroll to Top

Minum Teh Hijau Berlebih Bisa Sebabkan Janin Cacat

By C Novita / Published on Saturday, 14 Dec 2013

teh hijau

Minum teh hijau sudah terkenal memiliki banyak manfaat bagi penurunan kolesterol dan menyediakan antioksidan yang tinggi. Teh hijau juga dipercaya baik untuk kecantikan dan metabolisme tubuh. Namun bagi wanita yang sedang hamil, sebaiknya membatasi konsumsi teh hijau sebab bisa menyebabkan janin cacat.

Sebuah penelitian di University of Maryland Medical Center oleh Dr. Zuo Feng Zhang, mengingatkan untuk membatasi konsumsi teh hijau hanya 1-2 cangkir kecil sehari bagi ibu hamil. Bila lebih, maka resiko janin mengalami cacat akan makin tinggi.

Penjelasan dari Dr Zuo Feng Zhang adalah, adanya zat bernama tanin dalam teh hijau lah yang membuat resiko tersebut terjadi. Tanin dikatakan menyebabkan penyerapan zat folat serta beberapa vitamin penting menjadi terganggu. Itu membuat janin tak memperoleh berbagai zat bermanfaat untuk pertumbuhannya.

Akibatnya, janin beresiko mengalami kecacatan karena kurangnya asupan vitamin dan folat. Karenanya penting bagi wanita hamil untuk membatasi konsumsi teh hijau.

Selain itu, karena mengganggu penyerapan zat besi, maka seseorang disarankan untuk tidak minum teh hijau saat sedang menyantap makanan atau sayur. Bila hendak minum teh hijau maka hindari waktu makan. Misalnya sore hari.

“Teh hijau juga mengganggu penyerapan zat besi, jadi disarankan untuk menghindari minum secangkir teh hijau ketika seseorang sedang menyantap makanan. Bila mau, minumlah setelah makan,” ujar Dr. Zuo, seperti dikutip laman Liputan6 dari News Health.

Nah, Anda penggemar teh hijau ada baiknya memperhatikan hal ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda