Scroll to Top

Nyi Roro Kidul, Sekedar Mitos Atau Fakta Adanya?

By C Novita / Published on Saturday, 14 Dec 2013

Nyi Roro Kidul

Keberadaan legenda Nyi Roro Kidul telah begitu dikenal luas oleh masyarakat tanah Jawa, terutama yang berada pada pesisir Pantai Selatan. Sosok Ratu cantik yang konon berkuasa di wilayah Pantai Selatan tersebut memang dipercaya keberadaannya oleh sebagian orang.  Bahkan oleh beberapa pelukis, Sang Ratu sempat divisualisasikan sosoknya ke dalam bentuk lukisan seorang wanita cantik dengan mahkota dan busana hijau berada di atas gulungan ombak.

Salah satu lukisan Nyi Roro Kidul yang paling terkenal saat ini adalah karya maestro lukis Basuki Abdullah. Untuk menyelesaikan lukisan tersebut Basuki Abdullah sendiri mengaku beroleh inspirasi langsung dari Sang Ratu. Lukisan itu kini berada di sebuah kamar no 308 Samudra Beach Hotel Pelabuhan Ratu. Kamar tersebut sengaja dikhususkan sebagai lokasi penyimpanan lukisan, sekaligus tempat yang dialokasikan sebagai ‘kamar’ Sang Ratu.

Kamar hotel itu sendiri mempunyai kisah misteri sebelum dikhususkan sebagai ‘kamar’ Sang Nyai. Beberapa tahun lalu, saat terjadi kebakaran besar di Hotel Samudra Beach, hampir semua bagian terbakar kecuali kamar itu. Kamar yang menghadap laut selatan itu bersih dan terhindar dari sambaran api secara misterius.

Jadi benarkah sosok Ratu Pantai Selatan itu ada? Jika hendak membuktikan secara nyata mungkin tak ada seorangpun yang mampu. Namun jika disimak beberapa tradisi yang hidup di masyarakat Keraton Yogyakarta dan Solo, kita bisa lihat kuatnya keyakinan tersebut.

Contohnya adalah adat labuhan sesajen 1 kali setahun di bulan Suro. Itu adalah kebiasaan Raja kedua kerajaan tersebut untuk mengirim sesajen pada Nyi Roro Kidul.

Lalu adanya tarian Bedaya di Keraton Yogyakarta dan Surakarta, yang dilakukan oleh 9 orang wanita cantik. Anehnya, penonton tarian akan menyaksikan bahwa penari nantinya bertambah 1 menjadi 10 orang. Dipercaya tambahan penari adalah sosok Sang Ratu.

Jadi, apakah sosok Nyi Roro Kidul adalah nyata? ataukah hanya mitos belaka? Anda simpulkan saja sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda