Scroll to Top

Pekerjaan Di Bidang Sosial Media Kian Marak

By Aisyah Indarsari / Published on Wednesday, 05 Oct 2011

Pernah membayangkan, tiap hari pekerjaan Anda cukup duduk didepan computer, bermain Facebook dan Twitter sepanjang hari, dan Anda tetap dibayar untuk itu? Dan kerennya lagi, Anda bahkan memiliki jabatan dengan job description seperti itu?

Social media manager namanya. Ya! Itulah jabatan atau pekerjaan yang sedang populer banyak di cari perusahaan-perusahaan besar, atau perusahaan yang banyak mengandalkan konsumennya dari jejaring internet akhir-akhir ini.

Anda akan menemukannya dengan nama atau istilah bermacam-macam, tergantung perusahaannya. Ada yang menyebutnya social media wizard, social media ninja, social media diva atau cukup dengan istilah online communities manager saja.

Apapun pekerjaannya, definisinya akan sama saja, yaitu ahli marketing sebuah nama perusahaan, dan membuat jaringannya di situs-situs jejaring sosial populer seperti Facebook dan Twitter, serta forum-forum online khusus lainnya.

Jika Anda merasa memiliki kompetensi tersebut, jangan ragu untuk mulai mempertimbangkan posisi tersebut sebagai salah satu target pencarian pekerjaan Anda.

Belum diketahui dengan pasti berapa banyak perusahaan-perusahaan di Indonesia yang mulai membutuhkan seorang sosial media manager. Akan tetapi seperti yang disebutkan oleh Kathy O’Reilly, Director of Social Media Relations untuk situs pencari pekerjaan Monster, seperti yang dikutip dari KansasCity, “Ada kalanya pada waktu-waktu tertentu, kita dapat melihat ratusan lowongan pekerjaan di bidang sosial media yang di posting (di situs ini)”.

Bahkan lebih lanjut Reilly menyatakan bahwa, terdapat kenaikan sebesar 75% terhadap posting lowongan pekerjaan yang berhubungan dengan sosial media setahun belakangan ini.

Sebagai informasi tambahan, di Amerika Serikat, menurut situs pencari pekerjaan Simply Hired, rata-rata gaji awal untuk pekerjaan di bidang sosial media adalah sekitar US$55.000. Wow!

Jadi jangan anggap remeh pekerjaan di bidang sosial media. Bahkan, mulai saat ini, Anda lebih baik mencari-cari informasi tentang lowongan pekerjaan ini di perusahaan-perusahaan Indonesia.

Sudah banyak perusahaan di Indonesia yang memanfaatkan Facebook dan Twitter untuk sarana promosi mereka. Tentu sosok seorang social media manager tidak lama lagi akan menjadi kebutuhan bagi perusahaan-perusahaan tersebut.

Akan tetapi, bagaimanapun juga, apapun jenis pekerjaan Anda, selalu ada target dan tuntutan yang diminta oleh perusahaan. Jangan sampai deskripsi pekerjaan yang tampaknya terlihat santai, membuat Anda berleha-leha hingga akhirnya justru tidak memenuhi target.

Nah, bagi Anda yang berminat, bersiap-siaplah membangun kompetensi Anda di bidang ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda