Scroll to Top

Startup Tawarkan Lingkungan Kerja Yang Lebih Baik Bagi Wanita

By Aisyah Indarsari / Published on Thursday, 06 Oct 2011

Menjalani pekerjaan di bidang teknologi komputer, yang sering diidentikkan dengan computer geek alias si aneh yang kerjanya hanya duduk dan mengutak-atik komputernya, mungkin bukan gambaran pekerjaan ideal bagi kebanyakan wanita.

Karena menurut mereka, para computer geek tampaknya merupakan pribadi yang introvert, kurang bersosialisasi, rata-rata penampilannya biasa-biasa saja, walaupun tidak dipungkiri membutuhkan seseorang yang berotak encer untuk dapat bertahan di bidang ini.

Akan tetapi, sebaiknya para wanita mempertimbangkan kembali pola pikir mereka. Karena sudah banyak studi maupun polling yang menyebutkan bahwa selain pekerjaan di bidang teknologi komputer ini termasuk pekerjaan dengan gaji tertinggi, bahkan ada beberapa diantara tokoh teknologi wanita ini yang mendapat julukan “The hottest women in tech”.

Tentu jauh dari gambaran semula, bukan?

Sayangnya, menurut berita yang dikutip dari Forbes, wanita hanya mendapatkan porsi 20% dari seluruh pekerjaan engineer software komputer dan programer komputer diseluruh dunia.

Jadi, jika Anda sudah mempertimbangkan untuk bersaing dengan pekerja wanita lain di bidang ini, mungkin Anda dapat mempertimbangkan perusahaan startup.

Perusahaan startup atau startup adalah sebuah perusahaan dengan riwayat operasional terbatas. Maksudnya, perusahaan ini biasanya baru didirikan, dan sedang dalam fase pengembangan atau riset untuk mencari pangsa pasar.

Istilah ini mulai populer secara internasional sejak booming “dot-com”, yaitu ketika mulai banyak perusahaan dot-com – perusahaan yang berorientasi pada jejaring internet – didirikan.

Sebenarnya startup bisa berarti fase yang sedang dialami perusahaan yang bergerak dalam bidang apapun. Akan tetapi, perusahaan startup sering diidentikkan dengan perusahaan yang berorientasi pada teknologi tinggi alias hi-tech.

Bekerja di perusahaan startup bisa menjadi pilihan yang bijak karena selain lebih sedikit kompetisi, menurut studi yang dirilis oleh LPFI, startup menawarkan lingkungan kerja yang lebih baik bagi wanita.

Lebih lanjut, berikut adalah poin-poin hasil penelitian yang mereka lakukan:

Sebanyak 65% dari populasi sampel wanita yang bekerja di perusahaan IT besar menghadapi sikap kurang menyenangkan dari koleganya, jika dibandingkan dengan 26% yang bekerja di perusahaan startup.

Tingkat kepuasan karyawan yang bekerja di perusahaan startup terhadap kesempatan pengembangan dan jalur karir, lebih tinggi jika dibandingkan dengan perusahaan IT yang lebih besar.

Jadi kesimpulannya, karena tingkat persaingan antar sesama pegawai yang tidak terlalu besar, dan perusahaan yang masih dalam tahap “percobaan” sehingga target perusahaan masih bisa dikompromikan, hal ini membuat perusahaan startup menawarkan lingkungan pekerjaan yang lebih baik bagi wanita untuk bekerja.

Nah, bagaimana menurut Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda