Scroll to Top

Sebelum Menyumbang Sperma, Sebaiknya Tubuh Ayah Cukup Asam Folat

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 15 Dec 2013

bayi

Tuntutan pemenuhan gizi terhadap perkembangan janin seharusnya tidak hanya dilakukan oleh ibu semata. Tapi, sang ayah juga mesti memperhatikan gizi tubuhnya karena akan berpngaruh pada perkembangan janin selama masa kehamilan. Malahan, pria harus memperhatikan asupan asam folat sebelum dia memasukkan sperma ke dalam rahim wanita sebelum pembuahan terjadi. Kurangnya asam folat membuat perubahan halus pada kimia DNA sperma.

Studi yang dilakukan ilmuwan Kanada menemukan bahwa sperma membawa “memori” yang direkam dari gaya hidup sang ayah. Memori ini nantinya akan diturunkan kepada anak. Peneliti menyarankan agar pria rajin mengonsumsi sayuran hijau yang kaya asam folat, agar ketika terjadi pembuahan memberikan manfaat bagi janin. Dan, sebaiknya pria menghentikan konsumsi junk food pada waktu tersebut.

Nantinya, paduan bekal nutrisi yang disumbang dari ayah dan penambahan asam folat kepada ibu hamil selama 12 minggu masa kehamilan, akan memberikan dampak yang signifikan bagi kesehatan janin. Pemenuhan nutrisi ini menjadi sangat penting dalam masa kehamilan.

Sebagai informasi, asam folat memiliki manfaat untuk mencegah kecacatan otak. Selain itu, nutrisi ini dapat membantu mengurangi cacat tulang belakang seperti spina bifida. Asam folat adalah salah satu bentuk dari vitamin B. Sumber makanan asam folat di antaranya brokoli, kubis, bayam, asparagus, kacang polong, hati, buncis, dan beras merah.

” Penelitian kami menunjukkan bahwa ayah harus berpikir tentang apa yang mereka dimasukkan ke dalam mulut mereka,” kata Dr Kimmins dari McGill University di Montreal, seperti dikutip Daily Mail.

Peneliti menyarankan agar pria mengambil sumber asam folat ini dari sayuran hijau ketimbang melalui suplemen.  Studi ini dipublikasikan dalam jurnal Nature Communications.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda