Scroll to Top

Cara Mengirim DM Twitter Tanpa Permisi

By Ibnu Azis / Published on Sunday, 15 Dec 2013

Twitter

Mengirim DM atau Direct Message di Twitter miliki ‘birokrasi’ yang cukup rumit. Pengguna harus mengikuti user yang akan mengirim DM, atau pengguna harus saling follow. Pendek kata, kirim DM di Twitter tidaklah leluasa. Salah satu pengguna Twitter miliki trik bagaimana cara kirim DM tanpa permisi atau bebas mengirim Direct Message ke siapa saja. Berikut tipsnya.

Pengguna Twitter tersebut bernama Egor Homakov (@homakov) dan lewat laman blognya, Homakov, temukan cara untuk mengirim DM secara bebas. Dirinya memanfaatkan tombol Share atau Tweet dari aplikasi pihak ketiga.

Aplikasi pihak ketiga yang ia maksud tak hanya mampu mengirimkan Tweet namun juga miliki kemampuan untuk mengirim DM dengan menulis teks tertentu ke API. Ia berikan contoh dengan memanfaatkan aplikasi Twitpic.

Caranya yakni dengan menklik tombol Share atau Tweet di aplikasi pihak ketiga lalu menuliskan teks dengan format ‘d NAME<nama pengguna tanpa @> TEXT<isi DM>’ dan kirim. Cara ini memungkinkan kirim DM ke siapa saja atau tanpa lakukan proses permisi.

Egor Homakov menjelaskan jika ada sebuah celah atau bug yang bisa dimanfaatkan pengguna. Aplikasi pihak ketiga menurutnya miliki kemampuan untuk read & write dalam akses DM. Dengan ‘jalan pintas’ di atas, maka proses ‘permisi’ bisa dilalui.

Namun ia juga menyebut jika DM adalah media paling ampuh dalam lancarkan aksi spam dan pengguna tidak menyadari akan hal itu. Lagi pula, DM tidak bisa tampilkan informasi apakah pesan yang diterima dikirim via klien resmi Twitter atau aplikasi pihak ketiga setelah melalui proses OAuth. Cara ini kerap dipakai dalam aksi phishing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda