Scroll to Top

Facebook (FB) Siap Curi Jatah Kue Iklan Televisi

By Ibnu Azis / Published on Monday, 16 Dec 2013

Televisi

FB tengah siapkan strategi untuk mencuri jatah iklan di televisi. Setelah berhasil lakukan monetisasi via iklan mobile, target mereka kini adalah iklan yang menyasar pemirsa televisi.

Iklan di televisi masih menjadi gurita bisnis yang sangat besar. Arus perputaran uang di sektor ini jumlahnya capai ratusan miliar dolar saban tahunnya.

Iklan televisi di Amerika Serikat saja capai nilai USD 70 miliar per tahunnya. Sedangkan untuk skala global, arus uang yang berputar mencapai USD 200 miliar.

Sejauh ini para pengiklan cenderung memilih iklan TV sebagai investasi emas dalam beriklan. Meskipun jumlah waktu yang dihabiskan pemirsa kini cenderung ke aktivitas online.

Iklan televisi juga miliki kelemahan yang salah satunya adalah penargetan audiens. Ini berbeda dengan iklan online. Namun, mengutip Venture Beat, penyedian iklan TV seperti DirectTV menklaim jika 10% dari revenue iklan mereka dari ‘iklan yang dialamatkan’.

Iklan ini menyasar pada TV internet tertentu yang bisa dengan leluasa targetkan audiens. Hampir mirip dengan iklan online yang bisa menyasar audiens berdasar lokasi atau gender bahkan usia.

Namun menurut data statistik dari Nielsen mengklaim jika Facebook miliki jumlah pengguna dengan 70% di usia 18-24 tahun yang saban harinya mengakses jejaring sosial tersebut. Sedangkan pada jaringan TV, hanya di angka 60% pada rentang usia yang sama.

Lantas, apa yang disasar Facebook lewat iklan TV ini? Nampaknya mereka lebih condong ke arah iklan demografis, iklan dengan target auidens tertentu. Iklan TV adalah iklan dengan konten video. Jika memang Facebook serius akan hal ini, nampaknya tak terlalu mengejutkan. Sebab, beberapa waktu lalu mereka sejatinya telah mempersiapkan iklan video autoplay di News Feed hanya saja dundur perilisannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda