Scroll to Top

Twitter Segera Hadirkan Fitur Nearby, Tweet Berdasar Lokasi

By Ibnu Azis / Published on Sunday, 15 Dec 2013

Twitter

Laporan The Wall Street Journal menyebut jika Twitter tengah mengujicobakan fitur baru yang bernama Nearby. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menikmati kicauan user berdasar lokasi terdekat.

Fitur lokasi sendiri telah diaktifkan Twitter sejak tahun 2010 lalu. Namun, setting default pengguna di tweet yang akan dikicaukan adalah off. User harus mengaktifkan secara manual setting lokasi di opsi pengaturan.

Muncul sebuah asumsi kemudian sampai kapan Twitter akan berpura-pura tidak akan merilis fitur Nearby. Mereka tak bisa bohongi diri sendiri. Jika menilik dari fitur Trending Topic, di opsi Tailored Trends, lokasi sangat berpengaruh dalam menyusun daftar tren yang disesuaikan.

Fitur lokasi sendiri atau nearby telah dimakasimalkan oleh aplikasi Twitter pihak ketiga untuk berikan pengalaman lebih menarik ke pengguna. Sebut saja bagaimana aksi apliaksi Twitter yang dibesut oleh UberSocial atau Hootsuite.

Namun jika memang Twitter serius bermain di ranah lokasi, maka mereka harus siap berkompetisi dengan pemain unggulan di sektor itu. Sebut saja Foursquare atau mungkin Path.

Fitur lokasi terkait nearby kemungkinan besar akan bermain di ranah lokal. Fitur ini bisa pula dimaksimalkan Twitter sebagai lahan bisnis untuk bermain iklan yang disesuaikan. Alih-alih hadirkan fitur baru, apakah ini salah satu jalan baru Twitter untuk lakukan monetisasi via iklan?

Jika itu memang terjadi nampaknya tak menjadi soal jika demikian. Terlebih, Twitter juga telah resmi terjun melantai bursa. Mereka wajib memutar otak bagaimana memutar bisnisnya agar mampu hasilkan laba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda