Scroll to Top

Antonio Conte Pelatih Anyar Juventus

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 02 Jun 2011

Masih ingat dengan sosok gelandang bertahan Antonio Conte yang berkostum Juventus selama 12 tahun sejak 1992 hingga 2004? Kini eks pemain yang sempat bermain di Euro 2000 itu resmi ditunjuk sebagai pelatih kepala Juventus, klub yang telah membesarkan namanya.

Conte sendiri menggantikan posisi Luigi Del Neri, yang musim lalu gagal membuat Juventus masuk ke zona Eropa. Harapannya, tentu di bawah tangan Conte, Juventus kembali menampilkan kedigdayaan mereka.

Sebenarnya, penunjukan eks pemain Juventus bukanlah hal baru untuk klub berjuluk Si Nyonya Tua ini. Sebelumnya, pernah ada nama Didier Deschamps, gelandang bertahan Prancis yang ditunjuk sebagai pelatih kala Juventus berjuang di Serie B setelah kasus calciopoli (skandal pengaturan skor).

Ada juga nama Ciro Ferrara, salah satu bek kanan terbaik Juventus sepanjang masa. Namun, Ferrara gagal memberikan kontribusi yang maksimal untuk I Bianconeri.

Antonio Conte sendiri bukanlah pelatih baru untuk ukuran Liga Italia. Sebelumnya, Conte pernah menangani Siena (asisten pelatih), Arezzo, Bari, Atalanta, dan akhirnya kembali ke Siena.

Prestasi Conte selama menangani klub-klub tersebut sebenarnya tidak bisa dikatakan sangat gemilang. Maklum, klub yang ditangani Conte hanyalah klub mediocre. Catatan prestasi Conte adalah membawa Bari menjadi juara Serie B pada musim 2008/2009 dan yang teranyar, mengerek Siena menjadi juara Serie B pada musim kemarin.

Boleh dibilang, menangani Juventus menjadi pengalaman pertama Conte untuk menukangi klub yang pernah tergabung dalam seven magnificent (AC Milan, Juventus, Inter Milan, Lazio, AS Roma, Fiorentina, dan AC Parma). Apakah ketika mengasuh tim yang pernah dipimpinnya sebagai kapten pada 1996 hingga 2001 Conte akan sukses?

Yang jelas, musim depan Conte akan bereuni duel dengan lawan-lawannya semasa merumput dulu. Jika dipertahankan, Conte akan berhadapan dengan VIcenzo Montella (pelatih AS Roma, dulu pemain AS Roma) dan Sinisa Mihajlovic (pelatih Fiorentina, dulu pemain SS Lazio).

Sementara itu, rekan setim Conte yang sekarang masih bermain, Alessandro Del Piero, menyambut gembira kedatangan sang pelatih anyar. Bisa jadi Del Piero tergugah melihat bagaimana perpaduan Vicenzo Montella sebagai pelatih dan Francesco Totti sebagai pemain (dahulunya mereka plus Batistuta menjadi trio paling mengerikan di Serie A) menghasilkan kesuksesan untuk Roma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda