Scroll to Top

Danau Nokoue Ini Menampung 20 Ribu Warga Desa

By Ilham Choirul / Published on Monday, 16 Dec 2013

ganvie-benin

Sebuah desa di Republik Benin ini sangat unik. Warga desa hidup di atas air yang menjadi bagian dari Danau Nokoue. Desa danau bernama Genvie ini yang terbesar di Afrika. Jumlah orang yang mendiami desa tersebut mencapai 20 ribu jiwa. Sekalipun untuk mencapai ke perlu memakai perahu kecil, namun tidak sedikit wisatawan yang tertarik untuk berkunjung ke sana.

Republik Benin mungkin belum banyak yang tahu. Negara kecil ini ada di Afrika Barat. Untuk mencapai ke desa  Genvie memerlukan perjalanan sekitar satu jam ke arah utara dari kota Cotonou. Warga yang mendiami desa Genvie saat pertama kali adalah orang-orang Tofinu. Mereka mendirikan desa pada abad 16 atau 17 untuk melarikan diri dari suku Fon karena alasan agama. Rata-rata mereka awalnya budak.

Di danau tersebut mereka merasa aman. Suku-suku lain akhirnya turut mendiami Danau Nokue. Lalu dibuatlah rumah-rumah di atas air dan itu bertahan hingga 500 tahun kemudian. Warga mengembangkan budaya di tempat ini sekalipun terkendala dengan air yang rata memenuhi lingkungannya.

Semua rumah, toko, sampai restora dibangun di atas panggung dari kayu. Bangunan ini memiliki jarak beberapa meter di atas air. Jual beli barang dilakukan di pasar terapung. Mereka telah terbiasa melakukan segala aktivitas dengan perahu.

Warga desa Genvie hidup mengandalkan perikanan dan pariwisata. Banyak tambak dibuat dengan memanfaatkan pagar dari bambu. Ada pula restoran yang menyajikan ikan-ikan segar plus nasi. Sebagai kenang-kenangan, dijual pula berbagai pernak-pernik wisata.

ganvie-benin

ganvie-benin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda