Scroll to Top

Perhatikan Hal Berikut Saat Menerima Resep Dokter

By Ilham Choirul / Published on Monday, 16 Dec 2013

menulis resep

Setiap periksa ke dokter, biasanya pasien akan mendapatkan resep tunggal atau beberapa resep obat yang mesti ditebus di apotik. Hanya saja tulisan resep sering tidak bisa dibaca oleh orang awam lantaran ibarat “ceker ayam”. Orang-orang yang mendalami farmasi dimungkinkan lebih paham tentang jenis obat yang direkomendasikan dokter dalam resep.

Sebagai pasien, Anda juga berhak mengetahui obat yang akan diminum. Sebagai bagian dari inform concern ada baiknya ketika memeriksakan diri ke dokter di klinik atau rumah sakit, Anda cari obat yang dipakai untuk menyembuhkan penyakit beserta saran dari dokter. Informasi seperti ini membuat Anda lebih nyaman dan tergerak untuk sembuh.

Dikutip dari Femina, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dari resep yang Anda terima:

  1. Sebelum dokter menuliskan resep obat, pastikan Anda memberitahu jenis obat yang Anda makan sebelumnya. Sebutkan semuanya sehingga dokter dapat menyarankan obat yang tepat.
  2. Dari setiap obat yang diresepkan, tanyakan nama obat dan fungsinya dalam menyembuhkan penyakit. Termasuk, minta kejelasan soal efek samping dan dosisi yang tepat. Pemakaian obat yang benar akan mempercepat penyembuhan.
  3. Tanyakan pula pada dokter, apakah obat tersebut memiliki efek alergi. Jika Anda punya riwayat alergi, sampaikan pula pada dokter agar didapat saran yang tepat.
  4. Obat yang Anda terima dari apotik wajib tidak melebihi batas tanggal kadaluarsa dan kemasan masih rapat. Bila menemukan kejanggalan dalam kemasan, sebaiknya ditukar. Pastikan pula obat yang diterima terdapat dosis dan jadwal untuk mengonsumsi. Tanyakan hal tersebut bila petugas apotik terlupa menuliskan.
  5. Jangan sekali-kali bereksperimen dengan dosis obat. Makan obat harus sesuai dengan anjuran dokter. Overdosis obat dapat membahayakan jiwa. Begitu pula dengan jadwal memakannya juga harus ditaati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda