Scroll to Top

Timnas Indonesia U-23 Berpeluang Lolos Asal Menang Lawan Myanmar

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 16 Dec 2013

Indonesia u23 5

Timnas Indonesia U23 ternyata tidak membutuhkan kemenangan 4-0 kala melawan Myanmar untuk memastikan diri ke babak semifinal. Berapa pun selisih golnya, asalkan menang, tiket ke empat besar sebagai runner-up Grup B akan didapatkan Garuda Muda. Akankah Timnas U23 akan berhasil melaju secara dramatis?

Sebelumnya, memang kebanyakan media mengira, yang dipakai untuk menentukan lolos tidaknya sebuah tim jika memiliki nilai sama dengan tim lain, adalah selisih gol. Dengan asumsi tersebut, Indonesia memang harus menang 4-0 atas Myanmar.

Lewat cara ini, timnas Indonesia U23 akan mengumpulkan selisih gol plus dua. Akan halnya Myanmar yang saat ini mengumpulkan selisih gol, akan terpotong menjadi surplus satu gol saja.

Tidak hanya media Indonesia yang terkecoh. Bahkan situs  27seagames2013.com kala membahas laporan pertandingan Thailand vs Myanmar, juga mengucapkan hal senada. Mereka menyebutkan, “selisih gol” yang akan menjadi penentu siapa-siapa saja yang lolos.

Namun, kini angin segar berembus bagi Indonesia U23. Dalam aturan resmi SEA Games 2013 disebutkan, hasil pertandingan antara kedua tim, lebih diutamakan daripada selisih gol. Artinya, mau menang 1-0 atau 5-0 sekalipun, Indonesia akan berangkat ke semifinal.

Match Commisioner SEA Games cabang sepakbola, Prince Rufus juga mengucapkan hal tersebut. Katanya saat dihubungi wartawan, “Menang dengan skor berapapun Indonesia sudah bisa lolos ke semifinal. Yang dihitung bukan selisih gol, namun head-to-head.”

“Dalam pertemuan dengan manajemen sebelumnya, bila ada dua tim dengan poin yang sama, maka yang dihitung adalah hasil pertandingan kedua tim. Jika Myanmar menang, mereka yang melaju ke semifinal. Jika imbang, Myanmar ke semifinal. Bila Indonesia menang, Indonesia yang ke semifinal, berapapun skornya, Indonesia ke semifinal. Ini aturannya,” tambah Prince.

Nah, akankah angin segar ini membantu timnas Indonesia U-23 melenggang?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda