Scroll to Top

5 Kebiasaan yang Dapat Mencegah Ambeien

By Ilham Choirul / Published on Monday, 16 Dec 2013

sembelit

Ambeien atau wasir menjadi penyakit yang mudah ditemui dalam kehidupan modern. Kebiaaan makan kurang serat dan kurang gerak dituding menjadi beberapa penyebabnya. Agar terhindar dari penyakit menjengkelkan ini, langkah terbaik adalah mencegahnya.

Ada beberapa kebiasaan yang mesti Anda terapkan agar selalu terhindar dari penyakit ambeien:

  1. Rutin berolahraga. Olahraga akan meningkatkan sirkulasi darah, memperbaiki aktivitas di usus dan lambung, hingga meningkatkan eksresi. Pada gilirannya wasir pun bisa dicegah. Olahraga teratur juga melatih anus dan ligamen otot.
  2. Memilih makanan yang benar.  Wasir kerap muncul dari kebiasaan mengonsumsi sedikit serat. Oleh sebab itu, mulailah banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan agar lancar buang air besar. Beberapa makanan yang dapat memicu wasir yaitu cabai, bawang putih, bawang merah, sawi, dan sebagainya. Jangan lupa minum banyak air putih.
  3. Hindari menahan keinginan untuk buang air besar. Sembelit akan merangsang pembentukan ambeien. Usahakan langsung membuang kotoran begitu terasa. Hindari pula buang air besar sembari membaca atau main ponsel agar tidak terlalu lama jongkok atau duduk. Kebiasaan ini kurang baik dalam mencegah ambeien.
  4. Menjaga kesehatan daerah dubur dan anus. Di tempat ini erkembang banyak bakteri. Jika tidak dijaga kesehatannya dapat menimbulkan peradangan kulit. Jika peradangan bertambah parah dapat memicu ambeien. Bersihkan area ini dengan air dan ganti celana dalam dengan rutin.
  5. Hindari duduk terlalu lama. Inilah penyebab umum dari munculnya ambeien dalam kehidupan modern. Banyak orang bekerja dengan duduk sampai lupa untuk berdiri dan relaksasi. Duduk membuat otot anus dan dubur selalu dalam keadaan tegang dan kurang lancar sirkulasi darahnya. Hal tersebut berpotensi memicu ambeien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda