Scroll to Top

Cara Download DIPA dan RKAKL Online

By Ibnu Azis / Published on Monday, 16 Dec 2013

RKAKL Online

Cara download DIPA dan RKAKL online bisa dilakukan di situs Kementerian Keuangan. Berikut sedikit informasi untuk mendapatkan DIPA dan RKAKL di situs tersebut.

Saat ini banyak Satuan Kerja (Satker) yang membutuhkan data DIPA dan RKAKL terbaru yang wajib sesuai dengan PAPBN 2013. Bagi mereka yang sudah berpengalaman pasti tak membutuhkan pedoman dalam mendapatkan data ini.

Namun bagi mereka yang masih baru bukan tak mungkin akan alami kesulitan. DIPA dibutuhkan untuk melihat jumlah uang dan jumlah output kegiatan biasanya jumlah desa. Sedangkan RKAKL untuk di-import ke aplikasi emonitoring KL sebagai aplikasi pelaporan.

Untuk mendapatkan DIPA dan RKAKL sejatinya bisa dilakukan dengan meminta file DIPA dan RKAKL di KPPN sesuai wilayah Satker masing-masing. Namun Satker bisa pula melakukannya melalui RKAKL online di situs Kementerian Keuangan. Caranya sebagai berikut:

  1. Kunjungi laman ini.
  2. Masukkan password dan user ID untuk login.
  3. Jika sukses login, sila klik tombol ‘Download’.
  4. Di laman download sila unduh data yang dibutuhkan; file RKAKL atau file DIPA.

Bagaimana jika tak miliki user ID dan password? Sila hubungi kementerian masing-masing. Misalkan saja untuk satker PPIP Kabupaten/Kota di Sumatera Utara bisa menghubungi Satker Perencanaan dan Pengendalian (Randal) Sumatera Utara.

Untuk user ID umumnya berupa kode satker. Sedangkang bagi yang lupa password sila klik opsi ‘Lupa Password?’ yang nantinya password akan dikirim ke email resmi yang pernah didaftarkan di DJA Kementerian Keuangan.

Kunjungi laman RKAKL online di tautan berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda