Scroll to Top

Begini Syarat Rumah Minimalis yang Sehat

By Ilham Choirul / Published on Monday, 16 Dec 2013

rumah-sehat-minimalis

Sebagus apapun sebuah rumah, jika membuat penghuninya sering sakit juga tidak akan terasa nyaman. Oleh sebab itu, rumah yang baik harus memenuhi berbagai kriteria sebagai rumah sehat, tidak terkecuali rumah minimalis. Sekalipun ukurannya kecil, jika pendiriannya memenuhi unsur rumah sehat, maka penghuninya bakal betah menetap di sana.

Rumah sehat akan meminimalisasi kejadian penyakit bagi penghuninya. Dan, rumah minimalis yang sehat punya kriteria sebagai berikut:

  1. Memiliki pencahayaan yang baik. Kehadiran cahaya di dalam ruangan akan mencegah tingginya kelembaban yang menjadi tempat potensial kehadiran banyak bibit penyakit.
  2. Sirkulasi udara yang menyukupi. Adanya ventilasi diperluka pada setiap ruangan. Ini membuat kadar oksigen selalu tercukupi untuk memenuhi kebutuhan bernapas penghuninya.
  3. Tersedianya akses ke air bersih. Baik lewat pipa penyedia layanan air atau sumur bawah tanah, air bersih lebih menjamin kesehatan. Bila ingin dikonsumsi sebaiknya air dimasak sampai matang terlebih dahulu.
  4. Usahakan lantai selalu bersih dan kering. Lantai yang basah dapat menjadi tempat berkembang biak bibit penyakit. Menyingkirkan debu dari lantai menjaga risiko alergi yang mungkin bisa terjadi.
  5. Tersedia selokan, septik tank, dan area pembuangan limbah lainnya. Septic tank dan selokan mencegah air kotor mencemari tanah dan air tanah. Peletakan septic tank sebaiknya memiliki jarak  minimal 10 meter dari pompa air atau sumur.

Foto: Desainrumahgratis

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda