Scroll to Top

Hasil Sementara Indonesia vs Myanmar Skor 1-0 Berkat Gol Alfin Tuasalamony

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 16 Dec 2013

Indonesia vs Myanmar 1

Penalti Alfin Tuasalamony sukses membuat skor 1-0 menjadi hasil sementara Indonesia vs Myanmar di laga terakhir SEA Games 2013. Andai sukses mempertahankan keunggulan ini di babak kedua, timnas Indonesia U23 akan lolos ke semifinal sebagai runner-up Grup B. Mereka akan mengumpulkan poin 7, satu angka di bawah Thailand sang juara grup.

Dalam laga timnas u23 vs Myanmar, pelatih Rahmad Darmawan memakai skema standard 4-2-3-1. Di posisi penjaga gawang ada Andritany. Sementara itu, demi mengejar gol, sejak awal Yandi Sofyan dan Fandi Eko Utomo dijadikan sebagai starter. Myanmar yang tak diperkuat oleh Kyi Lin, memakai skema 4-3-3 dengan tumpuan pada Kaung Si Thu.

Indonesia yang butuh kemenangan berusaha untuk menggebrak. Bayu Gatra memiliki dua kesempatan di menit 5 dan 11. Yang pertama dihentikan oleh Phyo Aung dan yang berikutnya melebar tipis dari gawang Myanmar. Namun, selebihnya, lagi-lagi timnas Indonesia U23 mengalami kebuntuan untuk membongkar lini belakang Myanmar.

Tuan rumah yang cuma membutuhkan hasil seri di laga ini, memeragakan permainan cepat dengan kunci pada sang kapten Kyaw Zayar Win. Sebaliknya, daya juang Garuda Muda tampak lebih meningkat dibandingkan laga-laga sebelumnya.

Kesempatan emas kemudian hadir bagi Garuda Muda di  menit 35. Kengototan Alfin Tuasalamony berbuah hadiah penalti. Eksekusi yang diambil sendiri oleh sang bek kanan sukses membuat Phyo Aung tak berdaya. 1-0! Mimpi yang menjadi nyata.

Menit-menit berikutnya timnas U23 terlihat lebih trengginas dari biasanya. Segalanya tampak jauh lebih membaik. Namun, peluang Fandi Eko Utomo di menit 42 melayang begitu saja.

Apa pun itu, dengan cara bermain Garuda Muda dan Myanmar di babak pertama, kemungkinan skor 1-0 bertahan atau malah bertambah, terlihat begitu lebar.

Indonesia (4-2-3-1): Andritany; Alfin – Syaifuddin – Manahati – Diego; Pellu – Dedi; Bayu – Fandi Eko – Ramdani; Yandi

Myanmar (4-3-3): Phyo Aung; Aung Win – Min Tun – Aung Zaw – Si Thu Aung; Htan – Lin Tun – Zayar Win; Lin Aung – Kaung Si Thu – Min Oo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda