Scroll to Top

Indonesia vs Myanmar 1-0: Timnas U23 Lolos ke Semifinal Sepak Bola SEA Games 2013

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 16 Dec 2013

sea games 2013

Gol penalti Alfin Tuasalamony sukses mengirim Garuda Muda lolos ke semifinal cabang sepakbola SEA Games 2013 dan menjadi penentu hasil pertandingan Indonesia vs Myanmar yang ditutup dengan skor 1-0. Berkat kemenangan ini timnas Indonesia U23 menjadi runner-up Grup B. Mereka  mengumpulkan 7 poin, satu angka di bawah Thailand sang juara grup.

Dalam laga timnas u23 vs Myanmar, tanpa Kurnia Meiga dan Andik Vermansyah, pelatih Rahmad Darmawan memakai skema standard 4-2-3-1. Berambisi mencetak gol secepatnya, RD memasang Yandi Sofyan dan Fandi Eko Utomo. Namun, yang paling mencolok dalam laga ini adalah terbakarnya nafsu Garuda Muda untuk meraih kemenangan.

Timnas Indonesia U23 tampak dominan sepanjang babak pertama. Yang paling menonjol di awal laga adalah Bayu Gatra dengan aksi individu dan keberaniannya melepaskan tembakan.  Sempat kesulitan membongkar lini belakang lawan, sang penyelamat kemudian datang dari barisan belakang.

Alfin Tuasalamony 2

Memanfaatkan kesalahan bek Myanmar, Alfin Tuasalamony menyergap ke kotak penalti lawan. Kiper Phyo Aung terpaksa melanggarnya. Hadiah penalti diberikan kepada Indonesia, dan dengan dingin jebolan SAD ini membuat Garuda Muda memimpin 1-0 di menit 35.

Kejutan dilakukan oleh Myanmar dengan kehadiran penyerang Kyaw Ko Ko dan Thein Than Win. Namun, dengan status tertinggal, tuan rumah tampak gugup. Mereka juga harus bertahan melihat serbuan cepat Indonesia. Kemudian, sejak menit 62, Andik Vermansyah masuk ke lapangan dan mengenakan ban kapten.

Garuda Muda tampak mampu mengontrol situasi. Namun, Myanmar juga memeragakan serangan-serangan kilat yang merepotkan lini belakang Indonesia. Untunglah Syaifuddin dan Manahati Lestusen tampil prima. Barisan serang Myanmar juga tak bisa memberikan ancaman berarti untuk Andritany.

Bayu Gatra nyaris membuat Indonesia terbang tinggi. Tapi, kesempatannya di menit 78 masih menyamping. Selang semenit Kaung Shi Tu gagal memanfaatkan peluang paling penting Myanmar sepanjang laga. Kemudian, tuan rumah kehilangan Ye Win Aung yang menerima kartu merah di menit 88.

Tak ada keajaiban untuk Myanmar di ujung laga. Indonesia menang 1-0 dan melenggang ke semifinal berkat rekor head-to-head.

Indonesia (4-2-3-1): Andritany; Alfin – Syaifuddin – Manahati – Diego; Pellu – Dedi; Bayu – Fandi Eko – Ramdani (Andik Vermansyah ’62); Yandi (Egi Melgiansyah ’83)

Myanmar (4-3-3): Phyo Aung; Aung Win – Min Tun – Aung Zaw – Si Thu Aung; Htan (Thein Than Win ’50) – Lin Tun (Thet Naing ’70)– Zayar Win (Kyaw Ko Ko ’45); Lin Aung – Kaung Si Thu – Min Oo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda