Scroll to Top

Nilai Tukar Rupiah Menguat 16 Poin Dibanding Kurs Dollar AS

By Ilham Choirul / Published on Monday, 16 Dec 2013

kurs dollar

Senin pagi ini nilai tukar rupiah mengalami peningkatan 16 poin terhadap dollar AS. Satu dollar AS senilai Rp 12.090. Penguatan ini beranjak dari posisi terakhir di tanggal 13 Desember yang lalu. Meskipun begitu, jika dilihat dari grafiknya, pergerakan rupiah ini masing cenderung mendatar. Harga transaksi rupiah diperkirakan sekitar Rp 12.000 hingga 12.220 untuk setiap dollar AS.

Nilai rupiah pergerakannya tetap dipengaruhi oleh kekhawatiran pasar terhadap kemungkinan terjadinya pengurangan stimulus The Federal Reserve Amerika Serikat. Kabarnya rencana tersebut dilakukan menjelang pertemuan Komite Pasar Pasar Terbuka Federal (FOMC) yag dilakukan 17-18 Desember 2013 nanti

Seperti dikutip Antara, penguatan rupiah dimungkinkan tertahan karena adanya perbaikan ekonomi di Amerika Serikat. Menurut Reza Priyambada, kepala riset Trust Securities, faktor yang memengaruhi adalah data pengangguran dan penjualan ritel di AS menunjukkan sisi positif. Inilah yang kemudian nilai dollar AS cenderung lebih kuat.

Ditambah lagi, kabarnya Senat AS setuju dengan rencana paket anggaran untuk memperbaiki kondisi ekonomi AS. Paket ini berkontribusi untuk mencegah AS dari kemungkinan penghentian kegiatan ekonomi dalam jangka waktu sementara, dan menciptakan stabilitas fiskal hingga dua tahun mendatang.

“Kondisi itu diperkirakan dapat kembali membuat laju dolar AS terus beranjak naik,” kata Reza.

“Gambaran membaiknya ekonomi AS tersebut tentunya bisa semakin membenamkan mata uang rupiah,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda