Scroll to Top

Cara Alami Mengatasi Gusi Bengkak

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 17 Dec 2013

gusi

Gusi bengkak bisa dialami semua orang. Penyebabnya cuku beragam. Ada yang muncul karena terdapat sisa makan yang tidak bisa dikeluarkan, gigi berlubang, infeksi bakteri patogen, atau kekurangan vitamin C. Untuk mengetahui penyebab utama sakit gusi disarankan menghubungi dokter gigi.

Untuk pengobatannya, Anda bisa memakai obat-obatan farmasi atau cara alami. Jika ingin menggunakan bahan-bahan alami, berikut beberapa bahan yang dapat dipakai untuk mengatasi gigi bengkak:

  1. Berkumur air garam yang hangat. Air garam punya fungsi sebagai antiseptik alami. Kuman-kuman yang ada di rongga mulut dapat disingkirkan dengan larutan ini. Cukup masukkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air, aduk rata lalu kumur beberapa kali. Lakukan dua kali sehari hingga gusi bengkak mengempis.
  2. Mengoleskan minyak cengkeh ke gusi yang bengkak. Gunakan jari yang bersih saat mengoleskan. Minyak ini efektif untuk menghambat pertumbuhan bakteri patogen dalam mulut sekaligus mematikanya. Gunakan tiga kali sehari sampai gusi tidak bengkak lagi.
  3. Berkumur dengan air lemon hangat juga efektif mengatasi sakit gusi. Tinggal masukkan perasan seperempat bagian jeruk lemon ke dalam setengah gelas air hangat.  Kumur dengan dosis dua kali sehari.
  4. Minum air putih lebih banyak. Fungsinya untuk membersikan gigi dan mulut dari bakteri.
  5. Memijat gusi yang sakit. Pijatan lembut membuat sirkulasi darah menjadi lancar. Anda bisa memakai jari yang bersih untuk memijit. Jika sangat sakit, pijatan bisa dilakukan dari pipi luar.
  6. Menyikat gigi secara rutin akan menyingkirkan sisa makan yang mungkin menjadi penyebab gusi bengkak. Sikat gigi Anda sebelum dan setelah bangun tidur dan pakai sikat yang memiliki tekstur bulu halus.
  7. Pakai obat kumur antiseptik alami. Caranya masukkan baking soda ke dalam segelas air. Lalu, pakai untuk kumur-kumur untuk menekan penyebaran bakteri dalam mulut.
  8. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan serat sangat dianjurkan. Bisa jadi, bengkaknya gusi akibat kekurangan vitamin ini. Vitamin C juga bertindak sebagai antioksidan yang membantu menyingkirkan radikal bebas dari tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda