Scroll to Top

Tarif Tiket Pesawat Tidak Naik Hingga Akhir Tahun Ini

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 17 Dec 2013

tiket pesawat

Selama bulan Desember 2013 dipastika harga tiket pesat tidak akan naik. Bila konsumen mendapati ada maskapai yang menjual tiket melebihi harga yang telah ditetapkan, maka diharapkan dapat melaporkan hal tersebut kepada pihak yang terkait. Hal ini ditegaskan oleh Dirjen Perhubungan Udara Kementrian Perhubungan, bahwa pemerintah tidak ada rencana menaikkan tiket untuk masa libur Natal dan Tahun Baru.

Beberapa waktu lalu memang telah ada kesepakatan tentang kenaikan tiket pesawat seiring dengan naiknya biaya operasional penerbangan. Akan tetapi, kenaikan baru dilakukan tahun depan sembari menunggu rilis dari Kementrian Perhubungan.  Hanya saja, sampai dengan akhir bulan ini diharapkan maskapai tidak melakukan pelanggaran terkait tiket pesawat.

“Kita punya tim yang memantau kenaikan harga tiket pesawat dan juga minta masyarakat proaktif untuk melaporkan pelanggaran,” kata Herry Bakti, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, seperti dikutip Viva News.

Tetapnya harga tiket mungkin membawa konsekuensi keuangan tersendiri bagi maskapai. Pasalnya, naiknya nilai dollar AS sudah memicu kenaikan harga avtur yang menjadi bahan bakar pesawat. Harga dasar tiket pesawat yang ditetapkan biasanya belum termasuk pajak dan pajak airport. Walaupun, ada pula maskapai yang merilis harga jual sudah termasuk pajak.

Menurut aturan yang berlaku, setiap rute memiliki batas atas penjualan tiket. Misalnya untuk Jakarta – Denpasar Rp 1.480.000, Jakarta – Makassar Rp 1.850.000, dan Jakarta – Padang Rp 1.430.000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda