Scroll to Top

Google Translate Suntik 3 Bahasa Baru dengan Dukungan Total 80 Bahasa

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 17 Dec 2013

Google Translate 2.5

Google Translate atau Google Terjemahan telah suntikkan 3 bahasa baru dengan total jumlah dukungan capai 80 bahasa. Dengan Google Translate nampaknya kendala bahasa bukan lagi menjadi penghalang bagi manusia untuk berkomunikasi.

Tiga bahasa baru yang disuntikkan Google Translate datang dari Benua Afrika yang merupakan satu keluarga dalam Bahasa Nigeria; Igbo, Hausa, dan Yoruba. Dukungan lebih dari satu bahasa di satu negara bukan jadi sesuatu yang baru.

Indonesia misalnya, Google Translate mendukung dua bahasa yang telah disuntikkan di situs mereka; Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa. Jangan lupakan pula dengan Bahasa Melayu (Malaysia) yang notabene miliki kemiripan dengan ranah Bahasa Indonesia.

Dalam proses penerjemahan, Google hingga terjunkan ratusan relawan untuk ini. Mereka saling bahu menbahu-membahu menyusun pelbagai informasi dan data yang dibutuhkan. Selain tiga bahasa dari Nigeria, Google Translate belum lama ini juga menyuntikkan beberapa bahasa baru dari pelbagai wilayah di dunia, yakni Afrika Selatan (Zulu), Mongolia, Nepal, Somalia, dan beberapa negara lainnya.

Penambahan ketersediaan bahasa ini dibarengi dengan pembaruan aplikasi Google Translate di Android. Di aplikasi mobile mereka, Google juga suntikkan beberapa fitur baru yang memudahkan pengguna dalam proses terjemahan.

Salah satunya adalah kemudahan dalam hand writing atau terjemahan tertulis. Google Translate Android juga memungkinkan menerjemahkan foto atau gambar dengan memotret objek tertulis yang tersemat tulisan atau teks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda