Scroll to Top

Facebook Rilis Tombol Donasi, Penggalangan Bantuan Kemanusiaan dan Bencana Alam

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 17 Dec 2013

Tombol Donate FB

Facebook telah merilis tombol Donate atau Donasi untuk ambil bagian dalam penggalangan dana kemanusiaan, bencana alam, serta amal. Jika menilik ke belakang, tombol ini sejatinya telah hadir meski tidak resmi.

Contoh paling nyata bisa dilihat dari apa yang terjadi pada beberapa pekan lalu saat bencana alam Topan Haiyan meluluhlantahkan Filipina. Di laman News Feed pengguna, Facebook tampilkan permintaan donasi kemanusiaan dari Palang Merah Internasional.

Pengguna tatkala menklik opsi tersebut bisa segera menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk korban Topan Haiyan yang kemudian diorganisir oleh Facebook. Bantuan dana yang bisa disumbangkan mulai Rp 100 ribu.

Nah apa yang terjadi kali ini serupa namun bisa dibilang hadir secara ‘resmi’. Sebab, Facebook hadirkan tombol Donate yang muncul di bawah postingan yang mengabarkan berita kebutuhan bantuan kemanusiaan, bencana alam, atau acara amal.

Tombol tersebut akan bertulis Donate Now yang muncul di bagian bawah pojok kanan postingan. Jika pengguna menklik tombol tersebut maka akan muncul jumlah donasi mulai USD 10 (Rp 120.000) hingga USD 250 atau sekitar Rp 3 jutaan.

Namun Facebook tidak membatasi jumlah donasi yang diberikan. Meski tersedia opsi default mulai USD 10, USD 25, USD 100, hingga USD 250, pengguna yang ingin menyumbang di jumlah dana tertentu sila menulis di angka yang ia mampu atau kehendaki. Setelah menklik tombol Next, maka proses donasi bisa dilakukan.

Facebook menggalang kerjasama dengan organisasi kemanusiaan, badan amal, konservasi hutan, perlindungan anak, kesehatan, pendidikan seperti Oxfam America, Donors Choose, LIVESTRONG Foundation, Leukemia & Lymphoma Society, Water.org, dan masih banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda