Scroll to Top

Ford Fiesta Ecoboost Punya Tiga Rahasia di Mesinnya

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 17 Dec 2013

ford fiesta

Ford Fiesta Ecoboost 1.0L dipastikan mengaspak di tanah air tahun depan. Mobil hatchback ini memiliki mesin 3 silinder dan dibekali teknologi Ecoboost. Dengan teknologi ini membuat mesin makin bertenaga tanpa meninggalkan aspek efisiensi bahan bakar. Tenaga maksimalnya 125 PS dengan torsi puncak 170 Nm pada kitiran mesin 1400 – 4500 rpm.

Dibanding Ford Fiesta yang telah rilis, versi ini memiliki penurunan kapasitas dan pengurangan silinder. Namun Ford menjamin jika performa yang ditunjukkan kendaraan ini tetap bagus. Dan, Ford Fiesta yang memiliki 3 silinder Ecoboost menjadi varian paling puncak dari seluruh produk Ford Fiesta yang dipasarkan di Indonesia.

Bagus Santoso, Managing Director PT. Ford Motor Indonesia (FMI), tenaga yang dihasilkan kendaraan ini setara dengan mobil umum yang punya kapasitas mesin 1.600 cc.  Bisa jadi, kekuatannya lebih besar dari itu.

“Mesinnya kecil, tapi kekuatannya besar bahkan lebih dari mesin 1600 cc konvensional,” kata Bagus, seperti dikutip Antara.

Menurut Bagus, mantapnya teknologi Ecoboost karena ada tiga keunggulan yang didapatkan. Pertama, mesin memakai direct injection agar pembakaran terjadi lebih sempurna. Kedua, didukung dengan twin VCT yang bertugas mengoordinasi bukaan katup menurut kebutuhan tenaga. Ini yang membuat mesin lebih efisien dan stabil dalam melakukan pembakaran.  Terakhir, performa mesin akan meningkat dengan pemakaian turbo charger.

 “Jadi bisa menghasilkan performa yang bagus serta tenaga yang besar,” kata Bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda