Scroll to Top

Robby Darwis Beri Masukan untuk Timnas Indonesia U23

By Aditya / Published on Wednesday, 18 Dec 2013

Robby Darwis

Timnas Indonesia U23 telah memastikan diri lolos ke semifinal usai mempermalukan tuan rumah Myanmar dengan skor 1-0 di laga terakhir babak penyisihan Grup B cabang sepakbola SEA Games 2013. Namun, penampilan Indonesia masih jauh dari harapan. Legenda sepakbola nasional, Robby Darwis, pun memberi masukan untuk Timnas Indonesia U23.

Sebagai catatan, Robby Darwis adalah mantan bek tengah andalan Timnas Indonesia pada era 1980 hingga 1990-an. Legenda hidup Persib Bandung ini menjadi salah satu tulang punggung tim Merah-Putih saat meraih emas cabang sepakbola di SEA Games 1991 Manila (Filipina).

Untuk Timnas Indonesia U23 yang akan menghadapi Malaysia di semifinal SEA Games 2013 Myanmar, Robby Darwis memberikan saran agar pelatih Rahmad Darmawan (RD) memaksimalkan potensi para penyerang sayap yang dimiliki tim Garuda Muda saat ini.

Indonesia di SEA Games 2013 kali ini memang membawa para winger yang sebenarnya mempunyai kualitas yang sangat baik, sebut saja Andik Vermansyah, Bayu Gatra, Ramdani Lestaluhu, Ferinando Pahabol, atau Fandi Eko Utomo. Tak hanya itu, tim ini juga memiliki bek sayap yang tak kalah bagus, seperti Alfin Tuasalamony, Diego Michiels, maupun Roni Esar Beroperay.

“Pergunakanlah sayap, Andik Vermansah sama Bayu Gatra punya mobilitas yang lebih tinggi. Kita harus lebih banyak maju lagi jangan bermain bertahan,” tandas Robby Darwis yang juga pernah menjadi pelatih Persib Bandung ini.

Bersama asisten pelatih Timnas Indonesia U23 saat ini, Aji Santoso, Robby Darwis pernah mengantarkan Indonesia menjadi juara di cabang sepakbola SEA Games 1991 Manila. Kala itu, tim Garuda tampil perkasa dan tidak terkalahkan di babak penyisihan grup yang juga dihuni oleh Malaysia, Vietnam, dan tuan rumah Filipina.

Di semifinal, Robby Darwis dan kawan-kawan sukses melewati hadangan Singapura dan berhak melaju ke babak final untuk menghadapi Thailand. Indonesia akhirnya mampu menaklukkan Thailand di partai puncak dan berhak membawa pulang medali emas SEA Games 1991 Manila.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda