Scroll to Top

Cara Aman Melewati Pintu Perlintasan Kereta Api

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 18 Dec 2013

pintu kereta api

Kecelakaan yang melibatkan kereta api dan kendaraan bermotor kebanyakan dipicu oleh tidak disiplinnya pengendara ketika melintasi perlintasan kereta. Mereka berpikir bisa bergerak lebih cepat sehingga bisa menghindari kereta yang lewat. Namun nasib tidak bisa diduga. Kadang kendaraan mendadak mati di tengah rel dan akhirnya terjadi kecelakaan yang fatal.

Dikutip dari Dapur Pacu, melintasi rel kereta api juga punya etikanya. Berikut tips saat melintasi pintu perlintasan kereta:

  • Begitu mendengar sirine palang kereta dibunyikan, Anda mesti memahami bahwa kereta akan lewat. Artinya, kecepatan kendaraan mesti dikurangi jika sudah mendekati palang perlintasan.
  • Kalau sirine palang tidak bunyi, Anda tetap harus waspada dengan menengok kiri-kanan rel dan memastikan tidak ada kereta lewat. Jika sirine menyala, maka sebaiknya Anda berhenti di belakang palang pintu perlintasan. Jangan memaksakan diri menerobos palang.
  • Saat kereta telah lewat jangan langsung geber kendaraan. Tetap pastikan kereta sudah tidak ada lagi yang lewat. Kadang dua kereta akan menggunakan jalur rel yang sama secara bergantian dalam satu waktu. Kalau palang belum diangkat sementara kereta sudah lewat, mungkin ada kereta lain yang akan melintas.
  • Menerobos palang ketika ditutup bisa jadi mengakibatkan mesin kendaraan mengalami engine stall atau mati tiba-tiba tepat di atas rel . Hal ini pengaruh dari medan magnet yang muncul melalui rel ketika kereta mendekat. Jadi jangan paksakan melintas ketika sirine peringatan sudah berbunyi.
  • Selain menunggu di jarak aman dengan kereta, pastikan pula memiliki jarak aman dengan kendaraan lain yang sama-sama mengantres menunggu kereta. Ini buat antisipasi kalau mendadak kendaraan mogok di tengah jalan.
  • Jika mendadak kendaraan mati di tengah rel, segera saja netralkan transmisi lalu dorong smapai ke pinggir. Jangan panik dengan situasi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda