Scroll to Top

Opera Max, Kompres Data Android untuk Menghemat Kuota Internet

By Ditya / Published on Wednesday, 18 Dec 2013
Opera Max
Opera Max

Nama Opera tentu tak asing lagi bagi pengguna internet. Baru-baru ini perusahaan asal Norwegia ini meluncurkan Opera Max versi beta yang memiliki kemampuan untuk mengompres semua data di Android untuk menghemat kuota internet. Seperti apa sebenarnya aplikasi Opera Max ini? Simak ulasan berikut ini.

Opera cukup terkenal di kalangan pengguna internet berkat browser yang diluncurkannya. Salah satu browser yang paling terkenal adalah Opera Mini karena kemampuan untuk mengompres data untuk menghemat kuota dan meningkatkan kecepatan koneksi internet.

Kini kemampuan mengompres data dan meningkatkan kecepatan internet milik Opera Mini telah diturunkan pada aplikasi penghemat kuota internet, yakni Opera Max. Aplikasi Opera Max ini mengompres semua data koneksi internet agar menghemat kuota dan mempercepat koneksi internet di perangkat Android.

Bagaimana cara kerja Opera Max? Berdasarkan keterangan dari perusahaan tersebut, Opera Max ini bekerja dengan membuat sebuah VPN (Virtual Private Network) untuk mengukur data yang datang di perangkat Android. Data tersebut kemudian dikirim ke server Opera dan dikompres agar ukurannya lebih kecil.

Pihak Opera tidak menyebutkan berapa kuota data internet yang dapat dihemat oleh Opera Max versi beta ini, tetapi data yang terkompres berukuran lebih kecil. Opera juga menegaskan bahwa aplikasi Opera Max ini aman bagi layanan data yang digunakan oleh pengguna.

Kemampuan dan fitur yang ditawarkan oleh aplikasi Opera Max ini cocok digunakan bagi pengguna Android dengan koneksi data terbatas. Aplikasi Opera Max ini masih dalam tahap pengembangan dan pengujian dan menyandang titel “beta”, sehingga kemampuannya belum benar-benar sempurna.

Seperti yang dilansir dari Engadget (17/12/2013), aplikasi Opera Max versi beta ini sudah tersedia di Google Play Store dan kompatibel dengan perangkat Android versi 4.0 Ice Cream Sandiwch atau lebih baru lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda