Scroll to Top

BlackBerry Messenger on PC Menggoda di Facebook, Awas Malware!

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 18 Dec 2013

Facebook Malware

Jika Anda mendapati undangan (invite) di notifikasi Facebook untuk mencoba BlackBerry Messenger on PC, abaikan saja. Sebab, diduga kuat jika itu adalah sebuah malware baru FB yang menggoda pengguna dengan iming-iming aplikasi BBM di PC.

Dengan kata lain ‘undangan’ ini hanya mengelabui Facebookers untuk lakukan perintah sesuai kehendak orang dibalik malware yang disematkan. Namun demikian jangan salahkan teman Anda yang mengirim invite tersebut. Ia juga hanya sebagai korban.

Sedangkan penampakan ‘undangan’ BBM di PC yang ‘bergentayangan’ di Facebook seperti gambar di bawah ini:

FB Malware

Lantas bilamana invite di notifikasi ini di klik, apa yang terjadi? Seperti biasa pengguna FB akan dibawa ke laman baru untuk menyetujui ‘undangan’ tersebut. Setelah menklik Okay nantinya sebuah aplikasi akan tertanam di akun Anda.

Kemudian Anda akan diminta untuk menyebar undangan lain ke seluruh kontak teman. Ini berarti Anda akan berposisi sebagai teman yang memberi invite palsu sebelumnya. Sedangkan aplikasi Facebook yang dimaksud akan membawa Anda ke alamat apps.facebook.com/bbmonpc yang kemudian digiring ke alamat lain yakni bbmshu.weebly.com.

Lantas kemudian, apa yang terjadi, apakah kita akan menerima atau bisa mengunduh aplikasi BBM di PC? Jawabnya tidak. Sama seperti modus Facebook malware sebelumnya, si pembuat akan memanfaatkan korban untuk mengunjungi laman yang isinya berjubel tampilan iklan.

Canggihnya lagi, iklan-iklan yang bakal ditampilkan disesuaikan dengan lokasi korban. Jadi jangan heran jika Anda akan menjumpai iklan-iklan yang tak asing. Namun, jangan diklik iklan tersebut. Jika itu dilakukan, maka si pembuat malware akan mendapat keuntungan tersendiri atas aksi klik ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda