Scroll to Top

Makanan Alami untuk Rambut Sehat

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 18 Dec 2013

rambut sehat

Merawat rambut dapat melalui perawatan langsung ke kepala dan menyukupi kebutuhan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi setiap hari. Untuk menjaga rambut dari kerusakan diperlukan beragam nutrisi di antaranya protein, vitamin, dan mineral.  Salah satu fungsi protein adalah menjaga keutuhan folikel rambut. Dari folikel ini, pertumbuhan sel-sel baru pembentuk rambut terjadi.

Dikutip dari BeautyHealthTips, ada beberapa makanan yang bisa dipakai untuk merawat rambut, baik dari dalam tubuh maupun langsung ke kepala. Makanan tersebut adalah:

  1. Telur. Telur mengandung banyak protein terutama pada bagian putihnya. Protein diperlukan rambut untuk menjaga pertumbuhan dan merawat dari akar sampai ujung. Secara umum, protein berguna melindungi jaringan tubuh dari kerusakan.
  2. Kacang almond dan kacang-kacangan lainnya. Kacang mengandung banyak vitamin E yang membantu memperlancar aliran darah. Antioksidannya menjaga tubuh dari kerusakan sel, termasuk pada rambut. Membuat pasta dari kacang dengan menambahkan minyak zaitun untuk dipakai pada rambut, bagus juga sebagai perawatan.
  3. Jambu biji dan lemon. Jambu biji dan lemon kaya vitamin C dan antioksidan. Baik dikenakan untuk rambut atau dimakan, bisa memiliki manfaat yang menguntungkan bagi kesehatan rambut. Untuk lemon, tinggal oleskan airnya ke akar rambut. Sementara untuk jambu biji, buat pasta dahulu dengan memblendernya. Lanjutkan dengan menaruhkan ke rambut sampai akarnya.  Akhiri dengan membilas rambut sampai bersih.
  4. Santan kelapa. Santan sangat sehat untuk dikenakan langsung pada rambut sampai akarnya. Racun-racun yang hingga di kepala dapat disingkirkan. Ketombe dan rambut patah pun bisa diatasi dengan mengoleskan santan ke kulit kepala. Cukup ambil bagian kecil dari santan dan oleskan langsung pada rambut. Lanjutkan dengan mencuci bersih rambut Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda