Scroll to Top

Lacak Aktivitas Jejaring Sosial Dengan Purple Sonar

By Aulia / Published on Wednesday, 05 Oct 2011

sonar PURPLEAktif di jejaring sosial memang terbilang lagi ngetrend di Indonesia, terlebih bagi sebuah perusahaan dan brand yang menggunakan jejaring sosial sebagai bagian untuk mengkampanyekan produknya.

Perusahaan penyedia solusi predictive analytics, Purple Analytic baru-baru ini memperkenalkan solusi baru untuk melacak dan mengetahui setiap aktivitas pelanggan yang berhubungan pada brand tertentu, Twitter dan Facebook yang diberi nama Purple Sonar.

Seperti dikutip Gatra, Dickie Widjaja, Head of Business Development Purple Analytics Asia Pte Ltd, mengatakan bahwa pengguna Facebook dan Twitter di Indonesia sangat cepat menyebarkan informasi melalui media jejaring sosial terutama jika mereka kesal dengan manajemen atau brand perusahaan tertentu.

“Bayangkan jika orang Indonesia kesal dan marah terhadap suatu brand tertentu di Facebook dan Twitter, lalu mengirimkan kekesalan itu dikirim di grup,” katanya di Jakarta, Selasa (4/10).

Menurut Purple Analytic, bagi sebuah perusahaan perlu mengikuti pembicaraan mengenai brand mereka yang terjadi di media sosial karena pembicaraan itu bisa berupa solusi dan tantangan yang dapat berguna bagi kelangsungan perusahaan di Indonesia.

Solusi itu akan melacak dan mengumpukan kata kunci suatu brand di media sosial dan memilah mana pembicaraan mana yang bersifat postif dan negatif.

Kemudian data itu akan diteruskan kepada divsisi yang bersangkutan di perusahaan tersebut dengan solusi yang telah diikut-sertakan. “Ada pelanggan yang mengeluh akses internetnya lemot, keluhan itu akan diteruskan ke divisi jaringan data perusahaan itu untuk ditambahkan jumlah bandwith,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda