Scroll to Top

Harga Transfer Neymar Ternyata 142 Juta Euro! Barcelona Bohong?

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 19 Dec 2013

Barcelona menyebutkan bahwa harga transfer Neymar Jr. mencapai 57,1 juta Euro. Namun, bukan tidak mungkin Barca berbohong tentang hal itu. Mereka kemungkinan mengambil Neymar dari Santos di bursa transfer musim panas dengan harga 142 juta Euro; alias lebih banyak 42 juta Euro dari harga Gareth Bale.

Artinya, jika kelak pembayaran Barcelona yang setara 120 juta poundesterling itu benar, bukan Bale; Neymar adalah pemain termahal di dunia saat ini. Saat ini, Jordi Casas, anggota socios Barcelona saat ini menuntut presiden klub, Sandro Rosell berkaitan dengan transfer tersebut. Hakim Pablo Ruiz, seperti dilansir Dailymail, memberikan ultimatum waktu lima hari kepada klub Catalan untuk menyerahkan dokumen yang relevan dengan detail transfer Neymar.

Neymar 2

Sebelumnya, musim panas lalu, Barcelona menyebutkan mereka hanya membayar 57,1 juta Euro untuk Neymar. 17,1 juta Euro di antaranya jatuh ke kantong Santos. Sementara 40 juta Euro sisanya disodorkan kepada Neymar & Neymar (N&N), perusahaan yang dimiliki Neymar Jr. dan sang ayah.

Ada beberapa elemen tambahan dalam transfer ini. Di antaranya jika Neymar masuk dalam finalis Ballon d’Or selama berada di klub Catalan, Santos akan mendapatkan tambahan 2 juta Euro. Kemudian, laga persahabatan antara Santos kontra Barcelona. Jika Barca tak bisa menjalankan laga ini, mereka harus membayar kompensasi 4,5 juta Euro kepada Santos. Ada pula detail Barca mesti membayar 7,9 juta Euro untuk hak transfer atas tiga pemain muda klub tersebut.

Neymar 3

Masalah terjadi karena Barcelona melihat detail di atas tidak termasuk dalam biaya transfer. Hal inilah yang membuat geram Sonda, perusahaan investasi yang memiliki hak atas Neymar. Mereka mempunyai hak 45 persen dari harga transfer.

Dengan transfer resmi  Neymar yang cuma 17,1 juta Euro alias 14,2 juta poundsterling, uang yang masuk kantong Sonda cuma 5,9 juta poundsterling. Namun, andai elemen-elemen di atas digabungkan, Sonda punya hak mendapatkan 26, juta poundsterling. Kemudian, dengan tambahan pajak, maka total transfer Neymar akan mencapai 142 juta Euro!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda