Scroll to Top

Awas! Webcam MacBook Bisa Dimanfaatkan untuk Aktivitas Mata-Mata

By Ditya / Published on Thursday, 19 Dec 2013

MacBook

Awas, webcam yang terpasang pada MacBook dan iMac generasi lawas dapat dimanfaatkan penyusup untuk melakukan aktivitas mata-mata. Cassidy Wolf, seorang wanita yang juga Miss Teen USA merupakan korban dari aksi mata-mata melalui webcam dan menyebabkan foto bugilnya beredar.

Berdasarkan keterangan dari Washington Post, penyusup dapat melakukan aksi memata-matai orang lain dengan memanfaatkan webcam iSight yang terdapat pada Apple MacBook dan iMac generasi lawas yang dirilis sebelum tahun 2008. Bagaimana aktivitas mata-mata ini tidak ketahuan?

Webcam iSight dilengkapi dengan lampu yang akan menyala ketika suasana di sekitar ruangan gelap dan kurang cahaya. Dulu, penyusup dapat diketahui dengan menyalanya cahaya yang ada di webcam ketika sedang tidak digunakan. Kini telah diketahui bahwa penyusup dapat menonaktifkan lampu tersebut agar tidak diketahui oleh korban.

The Washington Post mengungkapkan bahwa penelitian terbaru yang dilakukan oleh ilmuwan komputer, Stephen Checkoway yang berasal dari John Hopkins Computer yang menunjukkan bahwa orang dapat dimata-matai melalui webcam yang terpasang pada iMac dan MacBook yang dirilis sebelum tahun 2008.

Stephen Checkoway juga mengungkapkan bagaimana penyusup dapat memata-matai pengguna. Para penyusup tersebut menggunakan perangkat lunak proof-of-concept yang disebut Remote Administration Tool atau RAT. Melalui aplikasi tersebut, Checkoway mampu memanipulasi ulang chip kontroler iSight sehingga cahaya tidak menyala dan menimbulkan kecurigaan.

Seperti yang dilansir dari CNET (18/12/2013), cara ini tidak dapat digunakan pada MacBook dan iMac generasi baru. Bagaimana dengan merk selain Apple? Sejauh ini tak ada keterangan dari Stephen Checkoway mengenai penggunan trik ini untuk perangkat di luar Apple.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda